Analisis Semiotika Budaya Patriarki Dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam

Putu Suparna -, Putri Gihonia Hukom

Abstract


Novel adalah salah satu jenis karya sastra yang menyuguhkan suatu masalah secara kompleks dengan menggunakan bahasa secara jelas. Sebagai suatu karya sastra, novel mengeksplorasi berbagai permasalahan dalam kehidupan manusia secara mendalam, berkaitan dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, novel dapat memengaruhi cara berpikir lingkungan sekitar. Secara tidak langsung novel dapat memberikan manfaat bagi semua pembaca, seperti pemecahan masalah dan penambahan wawasan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan representasi budaya patriarki dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam mengangkat isu kawin tangkap di Sumba yang sangat merugikan kaum perempuan. Penelitian ini membahas representasi budaya patriarki yang difokuskan pada bentuk dan susunan teori patriarki menurut Walby melalui teks dan dialog dalam novel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis Semiotika Ferdinand De Saussure yang melibatkan 4 (empat) konsep yakni signifier-signified, langueparole, sintagmatik-paradigmatik dan sinkroni-diakroni yang difokuskan pada 2 (dua) bentuk patriarki menurut Walby yakni patriarki publik dan privat, serta 5 (lima) susunan teori patriarki menurut Walby diantaranya, (1) Relasi produksi patriarki dalam keluarga (2) Relasi patriarki dalam pekerjaan dengan upah (3) Kekerasan laki-laki (4) Relasi patriarki dalam seksualitas (5) Relasi patriarki dalam lembaga budaya.

Keywords


Novel, Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam, Teori Patriarki Walby, Semiotika Ferdinand De Saussure

Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Purnomo, Dian. (2020). Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: CV Alfabeta.

Walby, Sylvia. (2014). Teorisasi Patriarki. Yogyakarta: Jalasutra.

Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Skripsi :

Halid, Riska. (2019). Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pada Novel Manjali Dan Cakrabirawa Karya Ayu Utami.

Jurnal :

Doko, E. W., Suwitra, I. M., & Sudibya, D. gayatry. (2021). Tradisi Kawin Tangkap (Piti Rambang) Suku Sumba di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Konstruksi Hukum, 2(3), 656–660.

Rosdiani, S., Nurhasanah, E., & Triyadi, S. (2021). Realitas Sosial dalam Novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo.

Jurnal Metamorfosa,9(2), 82-100.Damayanti, E., & Ahmadi, A. Pemberontakan Budaya Patriarki Dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo: KajianAntropologi Feminisme Henrietta L. Moore.

Internet :

Rahmadira. (2020, Juli 31). Apa itu Kawin Tangkap Budaya Sumba?

Sumbatrip.Com.https://tripsumba.com/budaya/apa-itu-kawintangkap-budaya-sumba/

Rachmawati. (2020, July 9). Kawin Tangkap di Sumba, Diculik untuk Dinikahi, Citra Menangis sampai Tenggorokan Kering,.Kompas.Com.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/09/06070001/kawintangkap-di-sumba-diculik-untukdinikahi-citra-menangissampai?page=al




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v17i1.4123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putu Suparna -, Putri Gihonia Hukom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id