KOMODIFIKASI KENAKALAN REMAJA DALAM KONTEN YOUTUBE KUY ENTERTAINMENT PROGRAM SEMPROD EPISODE 3

Vega Ulfie Rahmawati, Joan Natasya Lambe, Kartika Yunita

Abstract


Media sosial khususnya Youtube tidak hanya membawa pengaruh baik dengan menjadi tempat untuk memberikan edukasi dan hiburan, tapi juga bisa membawa pengaruh buruk berupa konten video yang mengkomodifikasi kenakalan remaja seperti merokok. Salah satunya adalah program podcast Kuy Entertainment dengan judul "Semprod: Kenakalan Remaja, Uus, Gading Anak Baik di SMA, Tapi Andhika Pernah Bolos 4 Bulan". Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif menganalisis semua scene video dengan analisis semiotika John Fiske dan elemen komodifikasi konten yang dikemukakan oleh Vincent Mosco. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa konten video mengandung makna kenakalan remaja yang identik dengan merokok dapat dilihat dari judul, thumbnail, topik dan kostum para host. Video ini juga mempunyai nilai tukar jual dari video yang besar. Pada level realitas, representasi, dan ideologi ditemukan bahwa ketiga host menunjukkan ekspresi seperti tidak merasa bersalah, merupakan public figure yang mempunyai kontroversi, dan memperlihatkan nilai-nilai maskulinitas dan kenakalan remaja dari merokok yang dinaggap membuat laki-laki lebih keren dan gagah.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v16i1.3194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vega Ulfie Rahmawati, Joan Natasya Lambe, Kartika Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id