Analisis Semiotika Pada 10 Foto Terbaik The Chartered Institution of Water and Environmental Management 2018

Tiara Ghina Nurdhiawan

Abstract


Saat ini fotografi menjadi sebuah alat media komunikasi. Selain itu, fotografi juga bisa menjadi salah satu cara, untuk mengabadikan sebuah cerita dari berbagai sudut pandang. Banyak fotografer dari penjuru dunia mengabadikan sebuah cerita unik ke dalam sebuah foto. The Chartered Institution of Water and Environmental Management, merupakan salah satu institusi yang berbasis di London, Inggris menyelenggarakan kompetisi fotografi yang diikuti oleh 89 negara. Di tahun 2018 ada 10 foto terbaik dari kompetisi The Chartered Institution of Water and Environmental Management, 10 foto terbaik ini yang akan dianalisis. Kesepuluh foto ini memiliki tema mengenai pencemaran lingkungan, Pencemaran lingkungan ini merupakan perubahan kualitas sebuah lingkungan yang menyebabkan ligkungan tersebut tidak bekerja sesuai dengan yang seharusnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, foto menggunakan analisis semiotika, semiotika ini merupakan sebuah ilmu atau metode analisis karya untuk mengkaji tanda-tanda pada sebuah objek, semiotika ini membantu manusia untuk memahami maksud analisis dari sebuah fotografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanda-tanda serta makna dari tanda tersebut yang ada pada 10 foto terbaik The Chartered Institution of Water and Environmental Management 2018. Pada penelitian ini setiap foto memiliki cerita dan maknanya tersendiri, cerita mengenai bekerja keras, kehilangan, harapan dan masih banyak cerita lainnya.


Keywords


Fotografi, Semiotika, CIWEM, Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Achmad, P. W., Irwandi., Saputro, K. A. (2017). Kajian Semiotika Terhadap Maskulinitas Dalam Foto Iklan Rokok Gudang Garam Djaja Edisi ‘Rahasia Djaja’ Tahun 2015. Yogyakarta : Institut Seni Indonesia.

CIWEM. (2021). The Chartered Institution of Water and Environmental Management. London : https://www.ciwem.org/#

Faiz, M. B. (2018). Analisis Semiotika Pada Karya Fotografi Khususnya Karya Foto Seni Dengan Tema Perceraian. Universitas Pasundan.

Furkan, E. B. F., Putra, D. K. S. (2015). You Look Disgusting : Kritik Atas Citra Kecantikan Telaah Semiotika John Fiske Terhadap Representasi Feiminisme Modern. Telkom University.

Hananto, A. (2018). 10 Foto Terbaik “CIWEM Environmental Photographer of The Year 2018”. Mongabay : https://www.mongabay.co.id/

Hidayat, M. W. (2014). Analisis Semiotika Pada Buku Jakarta Estetika Banal Karya Erik Prasetya. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Huda, M. F., Hamim., Wibowo, J. H. (20..). Analisis Semiotika Fotografi “Alkisah”Karya Rio Motret (Rio Wobowo). Surabaya : Untag Surabaya.

Iman, N., Hardiman,. Mursal. (2016). Kajian Semiotika Fotografi Selfie. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Julianto, R., Nursanti, S., Andridawati, W. (2020). Rasisme Dalam Film Skin 2018 Dari Pandangan Semiotika Roland Barthes. Karawang : Universitas Singaperbangsa.

KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kusuma, P. K. N., Nurhayati, I. K. (2017). Analisis Semiotika roland Barthes Pada Ritual Otonan di Bali. Universitas Telkom.

Lotan, F. F., Rusli, E., Arsita, A. (2017). Analisis Semiotika Penggunaan Estetika Foto Potret Dalam Karya Seni Stensil Digie Sigit. Yogyakarta : Intitut Seni Indonesia.

Miranti, A., Sudiana, Y. (2020). Narasi “Cantik” Sebagai Bentuk Eksploitasi Perempuan Pada Pemberitaan Perdagangan Perempuan Viral di Media Massa. Purwokerto : Universitas Amikom.

Oceani, D. N. (2018). Analisis Semiotika Foto Pada Buku Tanah Yang Hilang Karya Mamuk Ismuntoro. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Prayoga, A., Mayasari., Lubis, F. O. (2020). Sara’s Representation in Detik.com News Portal (Norman Fairclough’s Critical Discourse Analysis Statement by the Head of BPIP Calling Religion to be the Greates Enemy of Pancasila). Karawang : Universitas Singaperbangsa.

Rafly, A., Abidin, Z., Lubis, F. O. (2020). Analisis Semotika Mengenai Representasi Rasisme Terhaadap Orang Kulit Hitam Dalam Film Blackkklansman. Karawang : Universitas Singaperbangsa.

Ramdani, A. H. (2016). Analisis Semiotika Foto Bencana Kabut Asap. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Rifanda, P. G. (2018). Semiotika Foto Jurnalistik Pemaknaan Interaksi Sosial Bencana Alam (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Kumpulan Foto Jurnalistik Karya Ulet Ifansasti Dalam Media Getty Images). Yogyakarta : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Sandag, G. F. V. (2015). Analisis Semiotik Koleksi Foto Jurnalistik Dalam Artikel 2014 : The Year in Photos. Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Sari, M. P., Nisa, R. L., Apriliani, L. (2020). Analisis Semiotika Pada Billboard Campaign A Mild ‘Nanti Lo Juga Paham’. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v16i2.2812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tiara Ghina Nurdhiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id