KOMODIFIKASI SENSUALITAS DALAM TAYANGAN KIMI HIME DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE

Liony Gita, Cosmas Gatot Haryono

Abstract


ABSTRACT
This study discusses the discourse contained in the Kimi Hime youtube upload which is quite controversial because it is considered too sensual. This research is a research with a critical paradigm which analyzes the Norman Fairclough critical discourse analysis and uses the content commodification theory proposed by Vincent Mosco. The results of this study indicate that the YouTube show made by Kimi Hime is basically a commodification of sensuality by producing the title and content of the show, including reproducing sensual words and sentences that can arouse male biological desires to attract many viewers and visitors from the social media channel Kimi Hime.
Keywords: Critical Discourse Analysis, Commodification, Sensuality

 

ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai wacana yang terkandung dalam unggahan youtube Kimi Hime yang cukup kontroversial karena dianggap terlalu sensual. Penelitian ini merupakan penelitian dengan paradigma kritis yang melakukan analisis dengan menggunakan analisis wacana kritis Norman Fairclough dan menggunakan teori komodifikasi konten yang dikemukanan oleh Vincent Mosco. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan youtube yang dibuat Kimi Hime pada dasarnya merupakan suatu komodifikasi terhadap sensualitas yang dilakukan dengan memproduksi judul dan isi tayangan, termasuk di dalamnya mereproduksi kata dan kalimat yang bersifat sensual serta bisa mengguah hasrat biologis lelaki demi menarik banyak penonton dan pengunjung dari kanal media sosial Kimi Hime.
Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Komodifikasi, Sensualitas


Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi. Johan Setiawan. 2018. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Badara, Aris. 2014. Analisis Wacana: Teori. Metode, dan Penerapannya Pada Wacana Media (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Bungin, Burhan. 2014. Sosiologi komunikasi (Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Eriyanto. 2017. Analisis Wacana : Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Group

Giddens, A. 1993. New Rules of Sociological Method. Cambridge: Plity Press

Hayon, Josep. 2007. Membaca Dan Menulis Wacana (Petunjuk Praktis Bagi Mahasiswa). Jakarta: Grasindo

Ibrahim, Subandy Idi dan Akhmad, Ali Bachruddin. 2014. Komunikasi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Jorgensen, Marianne W dan Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana Teori & Metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Juju, Dominikus. 2010. Branding Promotion With Social Networks. Jakarta: Elex Media Komputindo

Littlejohn, Stephen W dan Karen A.Foss. 2014. Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Manzilati, Asfi. 2017. Metodelogi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode dan Aplikasi. Malang. Universitas Brawijaya Press (UB Press)

Moleong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Communication. California: Sage

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Rosda

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id