MAKNA NASIONALISME DALAM IKLAN”KARYA INDONESIA ADALAH KITA” OLEH KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA
Abstract
ABSTRACT
This study aims to critically analyze Axe ads presented on television. Departing from the assumption that advertising messages package the sense of nationalism through the advertisement of Karya Indonesia adalah Kita by the Ministry of Trade of the Republic of Indonesia. The results of the study shows that an advertising message implicitly about the sense of nationalism through the advertised campaign products. That way the advertisement becomes very persuasive affecting the audience.
Keywords: semiotics, Peirce, advertisement, nasionalism, Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis iklan Axe yang disajikan di televisi. Berangkat dari asumsi bahwa pesan iklan mengemas rasa nasionalisme melalui iklan Karya Indonesia adalah Kita oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara tersirat pesan iklan mengenai rasa nasionalisme melalui produk kampanye yang diiklankan. Dengan cara itu iklan menjadi sangat persuasif mempengaruhi penonton.
Kata kunci: Semiotika,Peirce, Iklan, Nasionalisme, Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Budiman, Kris. 2003.Semiotika visual. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik
Bungin, Burhan. 2008.Konstruksi Sosial Media Massa Realitas Sosial Media, Iklan Televisi &Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger &Thomas Luckman. Prenada Media
Djuarsa Sendjaja, Sasa, Dkk, 2003, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Universitas Terbuka
Kurniawan.2001.Semiologi Roland Barthes.Magelang:Yayasan Indonesiatera
Lexy J Moleong.2000.Metodelogi Penelitian Kualitatif.Bandung: Rosda Karya
Lwin, May da Aichison, Jim. 2005. Clueless in Advertising. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer
Mulyana, Deddy. 2008.Komunikasi Massa, Penerbit Widya Padjajaran.
Noviani, Ratna. 2002.Jalan Tengah Memahami Iklan Antara Realitas,Representasi dan Simulasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rakhmat, Jalaludin. 2001. Metode Penelitian Komunikasi, cetakan ke-9. Bandung: Remaja rosdakarya
Sobur, Alex.2003.Semiotika Komunikasi. Bandung
Sugiyono. 2005.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta
Tinarbuko, Sumbo.2008.Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Smith D. Anthony. 2002. Nasionalisme, Teori, Ideologi Sejarah.Jakarta: Erlangga
Widyatama, Rendra. 2007.Pengantar Periklanan.Yogyakarta:Pustaka Book
Sumber Lain:
Majalah Desain Grafis Concept, Edisi Environmental Graphic Design.2008, PT. Concept Media, Jakarta
Juliastuti, Nuraini. Esai Dan Teori Representasi.http://kunci.or.id/esai/nws/04/representasi.htm.
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i2.1720
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher
Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2, North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id