MAKNA NASIONALISME DALAM IKLAN”KARYA INDONESIA ADALAH KITA” OLEH KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA

Yoyoh Hereyah

Abstract


ABSTRACT

This study aims to critically analyze Axe ads presented on television. Departing from the assumption that advertising messages package the sense of nationalism through the advertisement of Karya Indonesia adalah Kita by the Ministry of Trade of the Republic of Indonesia. The results of the study shows that an advertising message implicitly about the sense of nationalism through the advertised campaign products. That way the advertisement becomes very persuasive affecting the audience.

Keywords: semiotics, Peirce, advertisement, nasionalism, Indonesia

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis iklan Axe yang disajikan di televisi. Berangkat dari asumsi bahwa pesan iklan mengemas rasa nasionalisme melalui iklan Karya Indonesia adalah Kita oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara tersirat pesan iklan mengenai rasa nasionalisme melalui produk kampanye yang diiklankan. Dengan cara itu iklan menjadi sangat persuasif mempengaruhi penonton.

Kata kunci: Semiotika,Peirce, Iklan, Nasionalisme, Indonesia


Full Text:

PDF

References


Budiman, Kris. 2003.Semiotika visual. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik

Bungin, Burhan. 2008.Konstruksi Sosial Media Massa Realitas Sosial Media, Iklan Televisi &Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger &Thomas Luckman. Prenada Media

Djuarsa Sendjaja, Sasa, Dkk, 2003, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Universitas Terbuka

Kurniawan.2001.Semiologi Roland Barthes.Magelang:Yayasan Indonesiatera

Lexy J Moleong.2000.Metodelogi Penelitian Kualitatif.Bandung: Rosda Karya

Lwin, May da Aichison, Jim. 2005. Clueless in Advertising. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer

Mulyana, Deddy. 2008.Komunikasi Massa, Penerbit Widya Padjajaran.

Noviani, Ratna. 2002.Jalan Tengah Memahami Iklan Antara Realitas,Representasi dan Simulasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rakhmat, Jalaludin. 2001. Metode Penelitian Komunikasi, cetakan ke-9. Bandung: Remaja rosdakarya

Sobur, Alex.2003.Semiotika Komunikasi. Bandung

Sugiyono. 2005.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Tinarbuko, Sumbo.2008.Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Smith D. Anthony. 2002. Nasionalisme, Teori, Ideologi Sejarah.Jakarta: Erlangga

Widyatama, Rendra. 2007.Pengantar Periklanan.Yogyakarta:Pustaka Book

Sumber Lain:

Majalah Desain Grafis Concept, Edisi Environmental Graphic Design.2008, PT. Concept Media, Jakarta

Juliastuti, Nuraini. Esai Dan Teori Representasi.http://kunci.or.id/esai/nws/04/representasi.htm.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i2.1720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id