REPRESENTASI HARMONISASI ANTAR BUDAYA DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Pada iklan Matahari Department Store Versi Imlek 2018)

Sherly Juniarti, Sugeng Wahjudi

Abstract


ABSTRACT

Advertisements are the most persuasive sales messages that are directed to the most potential prospective buyers of certain goods or services at the cheapest cost. There are no ads without persuasion and meaning. This research tries to find the meaning behind the advertisement of the Matahari Department Store, “the Imlek” version which aired in 2018. This study uses Charles Sanders Pierce's semiotic method and communication adoption theory. The results of this study indicate that the Imlek Matahari Departement Store advertisement presents inter-cultural harmonization that appears or is interpreted through scenes that illustrate the three values of harmonization namely harmonization of the environment, harmonization of cultures, harmonization of others.

Keywords: Semiotics, Advertising, Harmonization, and Representation

ABSTRAK

Iklan merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada calon pembeli yang paling potensial atas produk barang atau jasa tertentu dengan biaya yang semurah-murahnya. Tidak ada iklan tanpa persuasi dan makna. Penelitian ini mencoba mencari makna dibalik iklan Matahari Departemen Store versi Imlek yang ditayangkan pada tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Charles Sanders Pierce dan teori adopsi komunikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Matahari Departement Store versi Imlek ini mempresentasikan harmonisasi antar budaya yang tampak atau diinterpretasikan melalui adegan-adegan yang menggambarkan tiga nilai dari harmonisasi yaitu harmonisasi terhadap lingkungan, harmonisasi terhadap budaya, harmonisasi terhadap orang lain. Kata Kunci: Semiotika, Iklan, Harmonisasi, dan Representasi


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi: teori, paradigma, dan diskursi teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra. Fiske, John. 2014. Cultural and Communications studies.Yogyakarta:Jalasutra

Franks Jefkins. 2004.Public Relations, Jakarta: PT. Gelors Aksara Pertama Erlangga Foss, Karen & LittleJohn. 2011.Teori Komunikasi, Jakarta: Salemba Humanika Moleong, LJ. 2010.Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaa Rosdakarya Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Sobur, Alex. 2003.Semiotika Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. West, Richard dan Lynn H. Turner. 2014. Introducing Communication Theory: Analysis and Application, 3 Ed. Penerjemah Maria Natalia Damayanti Maer. 2009. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i2.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id