Refbacks
- There are currently no refbacks.
Co-host:
Sponsors:
Media partners:
Vany Octavianny
D3 Perhotelan
Telkom University
Bandung
Indonesia
Vany Octaviany, S.Par., MM.Par. Lulus Pada program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tahun 2010, dan melanjutkan studi pada Magister Manajemen Pariwisata Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi pariwisata (STP) Bandung dan lulus pada tahun 2014. Merupakan dosen tetap pada Program Studi D3 Perhotelan Universitas Telkom, Bandung sejak 2015. Selain itu memiliki pengalaman mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ahmad Yani dan UPI. Mata kuliah yang diampu adalah Ilmu Pariwisata, Ilmu Manajemen, Manajemen Pemasaran, dan Statistik dan Metodologi Penelitain.
Ratu Ratna Mulyati
D3 Perhotelan
Telkom University
Bandung
Indonesia
Ratu Ratna Mulyati Karsiwi Dra., MM.Par. Lulus S1 Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Bandung tahun 1985. Lulus S2 pada tahun 2017 Program Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung programstudi Magister Manajemen Pariwisata. Tahun 1985 sampai 1988 sebagai dosen tetap Fakultas Hukum Universitas Lampung, tahun1988 sampai 1990 sebagai dosen tetap di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya. Tahun 1993 sampai 2014 mengelola dan mengajar di Akademi Pariwisata Sandhy Putra Telkom, kemudian bergabung dengan Program Studi D3 Perhotelan Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom Bandung hingga sekarang.Mata kuliah yang diampu adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.
Ersy Ervina
D3 Perhotelan
Telkom University
Bandung
Indonesia
Ersy Ervina S.Sos., MM.Par. Lulus Pada program Studi Diploma Manajemen Divisi Kamar Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata (STP) Bandung tahun 2001. Kemudian melanjutkan studi Sarjana (S1) pada Jurusan Komunikasi di Universitas Indonusa Esa Unggul, Jakarta pada tahun 2003. Lulus S2 pada Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi pariwisata (STP) Bandung Pada tahun 2013 jurusan Administrasi Pariwisata. Merupakan dosen tetap pada Program Studi D3 Perhotelan Universitas Telkom, Selain itu memiliki pengalaman mengajar pada Akademi Pariwisata NHI Bandung. Mata kuliah yang diampu adalah Operasional Kantor Depan Hotel, Operasional Tata Graha dan MICE Management.
Gunung Puntang merupakan wisata alam yang terletak di Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Gunung Puntang secara langsung dikelola oleh Perhutani KPH Kabupaten Bandung Selatan, bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Namun karena sumber daya yang terbatas membuat daerah ini menjadi tidak banyak berkembang dan tidak begitu banyak dikenal oleh wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa studi kelayakan wisata alam Gunung Puntang di Kabupaten Bandung agar dapat mendorong minat wisatawan untuk berkunjung. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan pendekatan atribut produk pariwisata yang meliputi enam aspek, yakni aksesibilitas, amenitas, akomodasi, atraksi, aktivitas dan ancillary service. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, wisata alam Gunung Puntang yang dikelola oleh Perhutani bersama dengan LMDH memiliki kondisi yang sudah cukup baik dilihat dari enam aspek yang diteliti penulis. Dengan potensi yang dimilikinya, Gunung Puntang seharusnya dapat menjadi salah satu wisata alam yang kompetitif di Indonesia khususnya di Jawa Barat.
Kata Kunci:Potensi Wisata Alam, Daya Tarik Wisata, Gunung Puntang
ABSTRACT:
Puntang Mountain is a natural tourism located in the Village Campakamulya, District Cimaung, Bandung regency. Puntang Mountain is directly managed by Perhutani KPH Kabupaten Bandung, in cooperation with Forest Village Community Institution. However, due to limited resources make this area become less developed and not so much known by tourists. This study aims to analyze the feasibility study of natural attractions of Puntang Mountain in Bandung regency in order to encourage tourists to visit. The author uses qualitative research methods presented descriptively and data collection techniques used in the form of observation, interview and documentation study with tourism product attribute approach that includes six aspects, namely accessibility, amenitas, accommodation, attractions, activities and ancillary service. Based on the results of research conducted, natural attractions of Puntang Mountain managed by Perhutani together with LMDH have good condition seen from six aspects studied writer. With its potential, Mount Puntang should be able to become one of the competitive nature tourism in Indonesia, especially in West Java.
Keywords: Potential of nature attraction, tourist attraction, Puntang Mount