INDUSTRI KREATIF, MEDIA SOSIAL, DAN MINAT BERWIRAUSAHA: SINERGI MENUJU PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Muhammad Rachman Mulyandi, Veny Anindya Puspitasari

Abstract


The development of the creative industry is very important given its significant role in the Indonesian economy. Creative industries can develop in the hands of young people who have entrepreneurial spirit and are supported by the use of massive social media lately. Therefore, this study aims to analyze the influence of social media on entrepreneurial interest in the younger generation as potential creative industry developers. This will have an impact on sustainable development in relation to job creation. This study uses a simple regression analysis, the results of which strengthen the hypothesis that social media influences the interest in entrepreneurship among the younger generation. These results have implications for the importance of the role of universities in developing curriculum on entrepreneurship by adding portions to entrepreneurial practices and adding courses related to digital marketing.

 

Keywords: Font type Times News Roman, size 12pt and number of keywords not more than 5 keywords.


Full Text:

PDF

References


Anugratami dkk.(2015). Pengaruh pengunaan media sosial twitter terhadap motivasi followerspada akun @merryriana(periode 01 December 2014-17 Januari 2015).E-Proceeding of Management, 2(2), 2256-2261.

Arum, P.S. (2014).Minat berwirausaha pada siswa kelas xi jurusan tata boga di smk negeri 2 godean. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Asmawan, C. (2017). Dampak mata kuliah praktek kewirausahaan terhadap motivasi mahasiswa pendidikan akuntansi untuk berwirausaha. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan 2017

Hamdan (2016).Kebijakan dan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif.Makalah dipresentasikan dalam kegiatan Study Excursie Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang

Ismail, A.R. (2014). Pengaruh media sosial terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha. Skripsi, Universitas Negeri Medan.

Kemenperin. 2018. Industri Kreatif Masih Potensial. Diakses pada 10 Agustus 2018, dari http://www.kemenperin.go.id/artikel/4060/Industri-Kreatif-Masih-Potensial

Lina.2018. Peluang Industri Kreatif Pada Era Digital. Diakses pada 10 Agustus 2018, dari http://bisnisbandung.com/2018/07/07/peluang-industri-kreatif-pada-era-digital/

Nordiana, E. (2016). Peran jejaring sosial sebagai media peningkat minat berwirausaha mahasiswa untuk berbisnis online.Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2).

Praswati, A.N. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat wirausaha di kalangan mahasiswa studi kasus: fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah Surakarta. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sugiyono (2016).Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: CV Alfabeta

Suryana (2013).Kewirausahaan: kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat

Theresia.2010. Keterkaitan Antara Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif. Diakses pada 10 Agustus 2018, darihttps://feksi.wordpress.com/2010/10/24/keterkaitan-antara-kewirausahaan-dan-ekonomi-kreatif/

Wardhana, A. (2015). Analisis faktor-faktor pembentuk service recovery pada top brand perusahaan penyedia jasa rental mobil di Indonesia berdasarkan persepsi pelanggan korporasi.Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 15-22.

Yasundari (2016).Hubungan penggunaan instagram dengan motivasi wirausaha pebisnis daring (online) dalam meningkatkan produktivitas.Jurnal Kajian Komunikasi, 4 (2), 208-218.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.