STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA GASTRONOMI DI KOTA BOGOR - JAWA BARAT

Dhanik Puspita Sari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang strategi pengembangan wisata gastronomi di Kota Bogor. Wisata gastronomi merupakan salah satu wisata minat khusus. Banyak wisatawan dan pengunjung yang datang ke kota Bogor selalu mencari makanan tradisional yang menjadi ikon. Saat ini, makanan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan perut yang lapar, tetapi mereka juga mencari pengalaman baru dalam mengkonsumsi makanan tradisional lokal. Nilai tambah menjadi sebuah keharusan dalam mengembangkan jenis wisata ini.  Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kualitatif. Data primer dan sekunder dikumpulkan dengan beberapa cara termasuk observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi literatur. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa pariwisata gastronomi di Bogor memberikan banyak kontribusi bagi kota. Hal ini dapat diklasifikasikan sebagai klasifikasi tingkat ketiga dalam pariwisata gastronomi dan digambarkan sebagai perkembangan vertikal. Penelitian ini akan berfokus pada beberapa cara untuk mengembangkan wisata gastronomi di Kota Bogor. Namun tetap tidak lepas dari tiga pihak yang berkepentingan dalam industri ini yaitu pemerintah, swasta (industri perhotelan), dan masyarakat sekitar.

Keywords


Wisata Gastronomi, Strategi Pengembangan Wisata Gastronomi, Bogor.

Full Text:

PDF

References


Beardsworth, A., & Keil, T. 1997. Sociology on the menu. London: Routledge.

Drašković, Slavaka. Gastronomy and Tourism and Destination Competitiveness: Resources as a basis for achieving quality and Destination Competitiveness. 2016. Serbia.

Fitri Syntiadewi, Mokhamad Natsir, Syarif Hidayatullah, & Stella Alvianna. (2022). The Effect of Gastronomy Involvement, Local Food Consumption Value, Food Knowledge Toward Intention to Recommend Local Traditional Food Semanggi Suroboyo through Attitude as Mediating Variable (A Study of Culinary Arts Students at Monas Pacific Culinary A. International Journal of Research in Engineering, Science, 5(2), 63–69.

Hall, C. M., & Mitchell, R. (2006). Gastronomy, food and wine tourism. In D. Buhalis & C. Costa (Eds), Tourism Business Frontiers: Consumers, Product and Industry, 137-148. London: Butterworth Hainemann.

Hall, C.M., & Sharples, L. (2003). The consumption of experiences or the experiences of consumption? An introduction to the tourism of taste. In C. M. Hall, E. Sharples, R. Mitchell, N. Macionis & B. Cambourne (Eds.), Food Tourism Around the World: development, management and markets, (pp. 1-24). Oxford: Butterworth-Heinemann.

Hermantoro, H. (2015). Kepariwisataan, Destinasi Wisata, Produk Wisata (1st ed.). Aditri Publishing.

Hjalager, A.-M. (2003). A typology of gastronomy tourism. In A.-M. Hjalager & G. Richards (Eds.), Tourism and gastronomy (pp. 21-35). London: Routledge

Imelda, J. 2015. “Laporan Dialog Gastronomi Nasional. Akademi Gastronomi Indonesia”, 2015.

Kivela, J and Crotts, John C. Gastronomy Tourism. Journal of Culinary Science & Technology. Taylor & Francis. London, UK. 2005

Kota Bogor., http://kotabogor.go.id/index.php/show_post/detail/5266/tingkatkan-pariwisata-kuliner-kota-bogor-lewat-bcc-2016#.WgPLsI-0PMw

McIntosh R, and Goelder C. 1990. Tourism: Principles, Practices and Philosophiess (6th ed). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Mitchell, R.; Hall, C.M.Wine tourism research: the state of play. Tour. Rev. Int. 2006, 9, 307–332

Okumus,B., kumus, F and Mc Kercher, B. 2007. Incorporating Local and International cuisines in the marketing of tourism destinations: The chases of Hongkong and Turkey. Tourism Management, 28, 253-261.

Richards, Greg. 2003. Gastronomy: an essential ingredient in tourism production and consumption?. Tourism and Gastronomy. 2003

Sari, D. P. (2018). Apakah Ada Peranan Aktivitas Wisata Dalam Peningkatan Ekonomi Daerah Di Kota Bogor? Barista: Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 5(1), 12–22.

SARIOĞLAN, M., DEVECİ, B., DEVECİ, B., & ŞAHİN, N. (2022). Creating Gastronomic Product Inventory a Research: Example of Edremit Region. Journal of Gastronomy Hospitality and Travel (JOGHAT), 5(4), 1599–1608. https://doi.org/10.33083/joghat.2022.223

Scrapto, R. 2002. Sustainable Gastronomy as tourist product. In A.M Hjalager G. Richards (Eds), Tourism and Gastronomy (pp. 132-152). London: Routledge.

Shunali and Arora. 2012. Journal: Gastronomy Tourism and Destination Image Formation. Jammu: University of Jammu.

Sinaga, S. 2010. Potensi dan Pengembangan Obyek Wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kertas Karya. Program DIII Pariwisata. Sumatra Utara

Westering, Jetske van. Heritage and Gastronomy. International Journal of Heritage Studies. Routledge. London, UK. 2007.

Zakaria, Faris and Suprihardjo, Rima D. Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 3, No.2, (2014) 2337-3520 (2)




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v7i1.5346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services