PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI UNION DELI GRAND INDONESIA

Yudhiet Fajar Dewantara

Abstract


Kualitas produk memiliki peran utama dalam menjamin konsumen melakukan minat beli ulang, terutama pada industri makanan dan minuman. Peneliti memilih Union dikarenakan produk-produknya yang memiliki banyak penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang di Union Deli Grand Indonesia, dengan empat dimensi kualitas produk yaitu kesegaran, tampilan, rasa dan inovasi makanan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif-deskriptif. Penentuan sampel menggunakan non-probability sampling dengan purposive sampling method dengan jumlah 76 responden yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data berdasarkan kuesioner yang telah di uji validitas dan uji reliabilitas. Uji yang digunakan oleh peneliti adalah uji linearitas, uji normalitas, koefisien korelasi, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian didapatkan dari pengujian hipotesis uji t pada keempat dimensi yang diperoleh hasil bahwa tiga dimensi berpengaruh signifikan yaitu kesegaran, rasa, inovasi makanan dan dimensi yang tidak berpengaruh signifikan hanya tampilan. Dalam pengujian uji F diperoleh hasil variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Kesimpulannya subvariabel kesegaran, rasa, inovasi makanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, sedangkan subvariabel tampilan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Saran untuk perusahaan adalah tetap dan terus tingkatkan produk-produknya dan bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lainnya untuk mendukung penelitian ini.

 



Keywords


Kualitas Produk, Minat Beli Ulang, Makanan dan Minuman

Full Text:

PDF

References


Bahar, A., & Sjaharuddin, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 3, 14-34.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Ed. 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hukum Online. (2002, Oktober 22). UU Nomor 23 Tahun 2002. https://www.hukumonline.com/pus atdata/detail/17453/undangundang- nomor- 23-tahun-2002/document

Kusmayadi & Sugiarto, E. (2000). Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan, & Kuncoro. (2011). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Alfabeta Cv.

Shaharudin, M. R., Mansor, S. W., & Elias, S. J. (2011). Food Quality Attributes Among Malaysia’s Fastfood Customer. International Business and Management Journal, 2(1), 198-208.

Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Cv.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Cv.

Thamrin, A., & Francis, T. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.

Tim Pengelola Website Kemenperin. (2019, Februari 18). Industri Makanan dan Minuman Jadi Sektor Kampiun. https://kemenperin.go.id/artikel/202 98/Industri-Makanan-dan- Minuman-Jadi-Sektor-Kampiun-

Yafie, A. S., Suharyono, & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(2), 11-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v4i2.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services