PENGARUH MOTIVASI DAN LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN NUSANTARA KE MUSEUM SUMPAH PEMUDA

Sherly Meiliana, Yudhiet Fajar Dewantara

Abstract


Kunjungan wisatawan yang setiap tahun meningkat secara signfikan dan ulasan positif yang diberikan wisatawan terhadap Museum Sumpah Pemuda, terutama untuk motivasi dan layanan terhadap museum, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor motivasi dan layanan memang mempunyai pengaruh dan bagaimanakah pengaruh tersebut terhadap keputusan berkunjung wisatawan nusantara ke Museum Sumpah Pemuda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan analisis statistik regresi linear berganda, penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan pendekatan simple random sampling dengan kriteria sampel wisatawan nusantara yang sudah pernah berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan kuesioner melalui Google Form. Analisis data yang digunakan adalah analisis pengujian validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda (uji-t dan uji F) dan determinasi. Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS Statistic versi 22. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa Motivasi dan Layanan mempunyai hubungan yang positif terhadap Keputusan Berkunjung, hasil uji-t menunjukkan bahwa Motivasi dan Layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung dan hasil uji F menunujukkan bahwa Motivasi dan Layanan mempunyai berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Berkunjung, dimana hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa Motivasi dan Layanan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung sebesar 66,9%. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa motivasi dan layanan dapat mempengaruhi keputusan berkunjung


Keywords


Kata Kunci: Motivasi, Layanan, Keputusan Berkunjung

Full Text:

PDF

References


Andari, R., & Napu, D. M. (2016). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Maskapai Penerbangan Domestik di Davina Tour and Travel Gorontalo. Tourism an Hospitality Essentials Journal, Vol.VI(1), 1013.

Damanhuri, Jamaludin, U., & Hakim, L. (2016, April). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Untirta Civic Education Journal, Vol 1(1), 105.

Darmawati, Munjin, R. A., & Seran, G. G. (2015, April). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Parung Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi, Vol 1(1), 18.

Ilma, D. M. (2017). Landasan Program Perencanaan dan Perancangan

Arsitektur Penataan Wisata Air 'Tanggo Rajo' di Kota Jambi. Tugas Akhir, Universitas

Diponegoro Semarang, Sarjana Teknik, Semarang.

Journal FAME Vol.3 (No.2) : hal 47-107 . Th. 2020 p-ISSN : 2622-1292 e-ISSN : 2623-0488

Kamal, M., & Pamanik, S. A. (2015, Oktober). Identifying Factors Influencing Visitors to Visit Museums in Bangladesh and Setting Marketing Strategies for Museums. IOSR Journal of Business and Management, Vol 17(10), 85-92. doi:10.9790/487X- 171028592

Kusuma, I. G., & Suryasih, I. A. (2016). Aktivitas Wisata Spiritual dan Motivasi Berwisata di Daya Tarik Wisata Tanah Lot Kabupaten Tabanan. Jurnal Destinasi Pariwisata, Vol 4(2), 119.

Putra, A. S. (2019, Juli). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan CV Wira Sukses Jaya Medan. Jurnal Ilmiah Skylandsea, Vol 3(2), 105.

Rosita, Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016, April). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, Vol 13(1), 63-64.

Subhiksu, I. B., & Utama, G. B. (2018). Daya Tarik Wisata Museum Sejarah dan Perkembangannya di Ubud

Bali (1nd ed.). Bali: CV Budi Utama. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kombinasi (Mixed

Method).

Bandung: Alfabeta.

Yasmin, A., Najamuddin, M., & Sari, R. A.

(2018, Desember). Analisis Faktor- Faktor yang Mempenngaruhi Mahasiswa Untuk Berwirausaha. Jurnal Agribisnis, Vol 12(2), 135.

Zahra, R., & Rina, N. (2018, Januari-Juni). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit di Kota Bandung. Jurnal Lontar, Vol 6(1), 49.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i2.2486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services