PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PROSES PEMILIHAN HOTEL BAGI WISATAWAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN UNIVERSITAS PELITA HARAPAN)

Rosianna Sianipar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana media sosial dapat mempengaruhi pengambilan keputusan wisatawan dalam menentukan pemilihan hotel dan untuk mengetahui apa saja tahapan yang dilalui oleh wisatawan dalam menentukan pemilihan hotel melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan melakukan penelitian kualitatif, peneliti dapat mengumpulkan data-data yang berupa penjelasan dan opini yang diberikan oleh responden. Teknik wawancara yang digunakan di dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Peneliti Menyusun terlebih dahulu daftar informasi yang diperlukan. Kemudian peneliti akan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada responden saat wawancara berdasarkan daftar informasi tersebut dan jawaban yang diberikan responden. Dalam penelitian ini menggunakan sampel non probabilitas, yaitu judgement sampling. Judgement sampling menggunakan usaha lebih untuk menemukan dan mendapatkan akses kepada orang yang memiliki informasi yang dibutuhkan. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pengelolaan Perhotelan, Universitas Pelita Harapan.


Keywords


Teknologi, Hotel, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Barrows, Clayton W., Powers, Tom and Reynolds, Dennis (2012). Introduction To The Hospitality Industry, 7th ed. USA: John Willey & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

Holloway, J. Christopher and Humphreys, Claire (2016). Business of Tourism, 10th ed. Pearson Education Limited, United Kingdom.

Johnson, R. Burke and Christensen, Larry (2017). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. 6th ed. SAGE Publications, Inc., California, USA.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI. Pusat Hubungan Masyarakat, Jakarta.

Kotler, Philip, Bowen and John T. and Makens, James C. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. 6th ed. Pearson Education, Inc., Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey.

Kotler, Philip and Keller, Kevin L. (2016). A Framework for Marketing Management, 6th ed. Pearson Education Limited, Harlow, England.

Peraturan Pemerintah Pajak Daerah 2001, No.65 Deputi Sekretaris Kabinet (2001)

Puntoadi, Danis (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. PT Elex Computindo, Jakarta, Indonesia.

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. 7th Ed. John Wiley & Son Ltd.m United Kingdom.

Priyono.(2016).Metode Penelitian Kualititatif: Zifataman Publishing.

Sugiono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D .Bandung : Alfabeta

Tarjo.(2019).Metode Penelitian Sistem 3x Baca. Yogyakarta: Deepublish Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i2.2485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services