Evaluasi Penerapan Standar Operasional Prosedur Housekeeping Department Dalam Penyediaan Bath Towel di The Acacia Hotel Jakarta

Fristi Bellia Annishia, Riswanto Riswanto

Abstract


Pada umumnya tujuan tamu yang berkunjung kebanyakan untuk menginap. Seiring banyaknya hotel yang berdiri yang tentunya menjadi pesaing, maka pelayanan kamar serta segala kelengkapannya harus diperhatikan dan dipersiapkan sebaik mungkin. Kelengkapan pada kamar tamu yang juga menjadi kebutuhan pada saat menginap, salah satunya adalah bath towel. Akan tetapi melalui penelitian yang telah dilakukan, terlihat adanya masalah yang timbul akibat sangat kurangnya persediaanpar stockbath towel yang dimiliki Hotel The Acacia Jakarta. Hal ini mengakibatkan timbulnya keluhan pada tamu yang disebabkan karena tidak terdapatnya bath towel di kamar hotel. Salah satu departemen yang paling penting dalam mempertahankan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para tamu, adalah Housekeeping. Housekeeping Department dibagi menjadi beberapa bagian salah satunya adalah room section yang mempunyai tugas untuk menjaga kebersihan, keamanan, kenyamanan dan kelengkapan kamar tamu.Dengan demikian peranan housekeeping sangatlah penting dalam memenuhi kelengkapan fasilitas di setiap kamar yang salah satunya yaitu kelengkapan bath towel di kamar hotel guna mencapai tingkat kepuasan tamu yang menginap.


Keywords


Departemen Tata Graha, handuk, linen, persediaan

Full Text:

PDF

References


Ariani, Dorothea Wahyu. 2008. Management Kualitas. Jakarta

Bagyono.2006. Manajemen Housekeeping Hotel Bandung:Alfabeta

Barutu Donna, Meri. 2009. Peranan Room Boy Pada Operasional Housekeeping DepartmentUntuk meningkatkan Pelayanan Kamar di Hotel Emerald Garden International, Medan:PT Gramedia Wirasaran Indonesia.

Bellia, Fristi. 2011. Analisis Perilaku Tidak Aman Pekerja Konstruksi PT. PP (Persero) di Proyek Pembangunan Tiffany Apartemen Jakarta Selatan Tahun 2011.

Darsono, Agustinus. 1999. Tata Graha Hotel Housekeeping, Jakarta: PT Gramedia Wirasarana Indonesia.

Chotimah, Nurul, Azkiyah. 2017. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Persediaan Bahan Baku Pada PT. Mutiara Permata Bangsa.

Fauzar, Ikhsan. 2009. Kinerja Section Laundry Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu Di Best Western Hotel Asean Internasional Medan.

Kurniati, Hikmatul. 2013. Usaha Meningkatkan Pelayanan Pengadaan Linen dan Amenities Terhadap Room Attendant Di Hotel The Acacia Jakarta.

Orbani Lutfi, Bagyono 2003. Dasar – dasar Housekeeping dan Laundry Hotel Yogyakarta:Adi Citra Karya Nusa.

Pahlevi, Fauzi. 2014. Implementasi Standard Operating Procedures (SOP) Penyelenggaraan Umrah Pada PT Tur Silaturahmi Nabi (TURSINA TOURS) Jakarta.

Purwani. 2004. Pengertian Dan Definisi hotel. Bina Karya. Jakarta.

Pangabean Roni, Prima. 2009. Peranan Room Attendant Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan. Yogyakarta.

Rumekso. 2001. Housekeeping Hotel. Andi. Yogyakarta.

Safitri, Ellis. 2016. Peranan Room Attendant Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kamar Di Hotel The Acacia Jakarta

Suryanata Agus, I Putu. 2016. Upaya Laundy Section Dalam Menangani Kehilangan dan Kerusakan Linen Guest Room di Sanur Paradise Plaza Hotel

Wijaya, Niko. 2014. Prosedur Penanganan Keluhan Pelanggan Pada PT Pos Indonesia Cabang Palembang.

Wojowasito, S, W.J.S. Poerwodarminto. 1980. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris, dengan Ejaan yang Disempurnakan, Bandung:Hasta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i1.2164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services