Dampak Promosi Digital Line Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Dunkin Donuts

Dina Mayasari Soeswoyo, David Tumbelaka

Abstract


Kemajuan teknologi dan komunikasi memicu peningkatan dalam penggunaan media sosial di Indonesia. Media sosial sebagai sarana komunikasi kemudian dipilih oleh pemasar sebagai salah satu peluang untuk melakukan promosi  sebagaimana dilakukan oleh Dunkin Donuts yang memanfaatkan Jejaring sosial LINE. Banyaknya jumlah pengikut dan aneka ragam bentuk promosi yang dilakukan, sangat menarik untuk dikaji untuk mengetahui dampaknya terhadap keputusan pembelian para pelanggannya.   

Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kuantitatif   dengan  sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan  pengguna  aktif  LINE pelanggan Dunkin Donuts Sukasari Bogor  yang  mengikuti  akun  resmi  Dunkin Donuts.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji asumsi klasik dilakukan sebagai prasyarat regresi. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana, Uji-T, Uji koefisien Korelasi serta  Koefisien Determinan. 

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa promosi digital LINE memberi dampak yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggannya di Dunkin Donuts Sukasari-Bogor dengan kontribusi pengaruhnya  sebesar 58,2%,  sedangkan sisanya sebesar 41,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti


Keywords


Promosi digital, Media Sosial LINE, Keputusan Pembelian, Dunkin Donuts

Full Text:

PDF

References


Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kaplan, M. A and Haenlein. M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons 53(1) Jan-Feb 2010 59-68

Kotler, Philip R., Bowen, John T & Makens, James. 2012. Marketing for Hospitality and Tourism: Sixth Edition. Pearson Education Limited. London.

Kotler, Philip. and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management 14e. England: Pearson Education

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Morrison. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. 2009. Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Sibero, Alexander F. K. 2011, Kitab Suci Web Programing: MediaKom. Yogyakarta.

Solomon, Michael. R. 2015. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11thEdition. New Jersey: Prentice-Hall.

Sugiarto. Tonny dan Djiko, Sudibyo. 2015. Metode Penelitian Hospitality Pariwisata.Tangerang. PT Matana Publishing Utama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Andi. Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI

Tuten, Tracy L. 2008. Advertising 2.0 Social Media Marketing in a Web 2.0 World. Connecticut: Praeger

Weinberg, Tamar. 2009. The New Community Rules: Marketing on the Social Web.California: O’ Reilly

Dewi, Ni Made Arianita, dan Elsie Oktivera. 2018. Analisis Iklan Instant Messaging Line Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Starbucks Di Jakarta Selatan. Sekolah Tinggi Tarakanita. Jakarta.

Meyliana. 2011. Analisis Strategi E- Marketing dan Implementasi Pada Rental Company.Jakarta

Mileva, Lubiana. dan Fauzi, Achmad. 2018. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang.

Neti, Sisira. 2011. Social Media and it’s Role in Marketing. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, Vol. I Issue 2.

Rismayanti, Puji. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan.Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Setia, Tatang. 2015. Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputuasn Wisatawan Berwisata di Lembah Hijau Bandar Lampung (Suatu Survei pada Mahasiswa FEB Universitas Lampung). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Bandar Lampung. Lampung.

Kurniawan, Arif. 2019. “Data Penjualan Donat di Dunkin Donuts Sukasari Bogor”.Hasil Wawancara, 18 Januari 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i1.2162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services