ANALISIS MOTIVASI PELANGGAN DATANG KE FUN WORLD CENTRAL PARK JAKARTA BARAT

Kevin Darsono, Asep Syaiful Bahri

Abstract


ABSTRACT

 

Technological developments in the 21st century have developed exponentially year after year and the development of the entertainment world has also developed rapidly. There are more than 81 funworld playgrounds located in Indonesia, but with the cheapness of gadgets and other games there is a decline in visitors, this study also wants to find internal motivation and external that attracts visitors to funworld. This research will have an impact on how to attract more visitors to Fun World through knowing the dominant internal and external motivations for Fun World. The results showed that the characteristics of visitors were mostly female namely 51.7%, and 93.3% is customer between 15-25 years old, with a profession as a student 86.7%, and most of the money that correspondents spent once visiting is 50-150 thousand with 80% visiting once per week. There is one dominant internal motivation, which is refreshing and one external motivation, which is strategic location.

Keyword: Motivation, Customer, Fun World, Central Park, West Jakarta

                                                                                                              

ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi di abad ke-21 telah berkembang secara eksponensial dari tahun ke tahun dan perkembangan dunia hiburan juga telah berkembang pesat. Ada lebih dari 81 taman bermain funworld yang berlokasi di Indonesia, tetapi dengan murahnya gadget dan permainan lain ada penurunan pengunjung, penelitian ini juga ingin menemukan motivasi internal dan eksternal yang menarik pengunjung ke funworld. Penelitian ini akan berdampak pada bagaimana menarik lebih banyak pengunjung ke Fun World melalui mengetahui motivasi internal dan eksternal yang dominan untuk Fun World. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pengunjung sebagian besar perempuan yaitu 51,7%, dan 93,3% adalah pelanggan antara 15-25 tahun, dengan profesi sebagai mahasiswa 86,7%, dan sebagian besar uang yang dihabiskan koresponden sekali berkunjung adalah 50-150 ribu dengan 80% kunjungan sekali seminggu. Ada satu motivasi internal yang dominan, yang menyegarkan dan satu motivasi eksternal, yang merupakan lokasi strategis..

Kata kunci: Motivasi, Pengunjung, Fun World, Central Park, West Jakarta


Keywords


Motivasi, Pengunjung, Fun World, Central Park, West Jakarta

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hermansyah D dan Waluya B. 2012. Analisi Faktor-faktor Pendorong Motivasi Wisatawan Nusantara Terhadap keputusan Berkunjung ke Kebun Raya Bogor (Survei pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kebun Raya Bogor). Tourism Hospitality Essential (THE) Journal. Vol II, No 1, 2012, Hal 245. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Pitana, I Gde dan Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sekaran, Uma. (2006). Research Methods for Business, Edisi Keempat. Jakarta, Indonesia: Penerbit Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung, Indonesia: PT. Refika Aditama.

Suwena, I ketut, dan I Gst Ngr Widyatmaja. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v2i2.1989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services