PENGARUH PERILAKU PERENCANAAN TERHADAP KEINGINAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI UNIVERSITAS BUNDA MULIA, ANCOL

Johannes Kurniawan

Abstract


ABSTRAK

 

Pariwisata adalah sektor penting di Indonesia. Dalam mempromosikan destinasi, peran atau menarik dari wirausaha meningkat dari hari ke hari. Program pendidikan kewirausahaan ini terkait dan terintegrasi dengan program lain, seperti pendidikan karakter, pendidikan ekonomi kreatif, dan pendidikan kewirausahaan ke dalam kurikulum sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sikap wirausaha, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan dalam perilaku terencana dan pendidikan kewirausahaan terhadap niat menjadi wirausaha. Responden dalam penelitian ini adalah siswa semester lima dan tujuh, jurusan Perhotelan dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia. Sampel yang digunakan adalah 100 siswa dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menjadi wirausahawan.

Kata kunci: entrepreneur’s attitudes, subjective norms, perceived behavior control, planned behavior, entrepreneurship education, entrepreneurial intention.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v1i2.1423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services