ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DI MICE KOTA BATAM

Antonius Rizki Krisnadi, Yudhiet Fajar Dewantara

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan Industri MICE di kota Batam tergolong sebagai industri baru masa kini yang menunjukan bahwa MICE sebagi salah satu sektor dalam bisnis pariwisata, karena kegiatan/aktifitas di Batam merupakan kegiatan para pebisnis mengingat Batam adalah kawasan bebas/ free trade zone. Kegiatan bisnis wisata yang tujuan utama dari para delegasi atau peserta kegiatan MICE adalah melakukan perjalanan dan menghadiri suatu kegiatan atau event yang berhubungan dengan bisnisnya sambil menikmati kegiatan wisata secara bersama-sama.

Untuk dapat mengoptimalkan potensi wisata MICE di Batam, diperlukan pengembangan pariwisata yang spesifik pada pengembangan aktivitas. Kajian pengembangan pariwisata MICE yang dilakukan merupakan identifikasi sumber daya sector pariwisata, yang akan menjadi acuan untuk program pembangunan pengembangan pariwisata MICE yang lebih operasional  dimana meliputi identifikasi  terhadap system kepariwisataan, destinasipariwisata, dampak pariwisata, serta pengembangan terhadap perkembangan kepariwisataan di Kawasan Batamdan  Sekitarnya. Penelitian ini  dianalisis menggunakan SWOT.

Skor dari Matrik IFAS Wisata MICE Batam diperoleh dari hasil rata-rata pembobotan masing-masing indikator internal yang dikalikan dengan hasil rata-rata rating masing-masing indikator internal, maka didapatlah skor untuk masing-masing indikator internal. Setelah itu skor dari seluruh indikator-indikator internal harus dijumlahkan dengan cara menjumlahkan skor dari indikator pertama sampai dengan indikator terakhir untuk memperoleh hasil skor lingkungan internal. Hasil skor dari matrik IFAS pada adalah 2.65.

Skor dari matrik EFAS wisata MICE Batam diperoleh dari hasil rata-rata pembobotan masing-masing indikator eksternal yang dikalikan dengan hasil rata-rata rating masing-masing indikator eksternal, maka didapatlah skor untuk masing-masing indikator eksternal. Setelah itu skor dari seluruh indikator-indikator eksternal harus dijumlahkan dengan cara menjumlahkan skor dari indikator pertama sampai dengan indikator terakhir untuk memperoleh hasil skor lingkungan eksternal. Hasil skor dari matrik EFAS adalah 2.85.

Kata Kunci : MICE, Pengembangan, Wisata, SWOT


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v1i1.1325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services