PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN GADAI MENGGUNAKAN THE OPEN GROUP ARCHITECTURE FRAMEWORK (TOGAF)

Helen Pratiwi, Ignatius Adrian Mastan

Abstract


PT Gadai Jadi Berkah adalah perusahaan Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank (LJKNB) yang bergerak dibidang pegadaian. Saat ini cangkupan bisnis yang telah dijalani sudah cukup tersebar luas sekitar 80 outlet dan cukup dikenal di pulau Jawa. Namun, untuk seukuran perusahaan besar seperti ini, PT Gadai Jadi Berkah belum memiliki arsitektur SI yang lengkap. Hanya memiliki 1 integrasi sistem terhadap nasabah gadai, dinamakan aplikasi LSP. Selain LSP, tidak ada lagi aplikasi yang digunakan dan PT Gadai Jadi Berkah, dan hanya mengandalkan Microsoft office sebagai pendataan. Maka dari itu peneliti berniat untuk mengembangkan sistem informasi yang terdapat di PT Gadai Jadi Berkah dengan membangun aplikasi yang akan terintegrasi dengan proses bisnis yang ada.Penelitian akan dimulai dengan pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan 3 metode yaitu, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kemudian dilanjutkan ke tahap Analisis dan Pengembangan Enterprise Architecture TOGAF ADM, yaitu melakukan analisis menggunakan framework TOGAF dimulai dari fase preliminary hingga migration planning. Setelah melakukan analisis TOGAF, akan menghasilkan Blueprint Architecture terhadap arsitektur rancangan di PT Gadai Jadi Berkah.Blueprint yang dihasilkan merupakan usulan-usulan aplikasi dari rancangan arsitektur peneliti pada PT Gadai Jadi Berkah. Diharapkan usulan tersebut akan membantu PT Gadai Jadi Berkah dalam mengembangkan dan menjalankan operasional proses bisnisnya agar dapat mencapai target dan tujuan bisnis yang dituju. Kesimpulannya, penelitian perancangan enterprise architecture sistem informasi dengan menggunakan framework TOGAF ini disusun untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas kinerja bisnis PT Gadai Jadi Berkah.

Keywords


Pegadaian, Arsitektur Perusahaan, Sistem Informasi, TOGAF, TOGAF ADM

Full Text:

PDF

References


Laudon. (2010). Pengertian Sistem Informasi.

M Teguh Prihandoyo. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126–129.

Oreski, D. (2012). Strategy development by using SWOT-AHP. TEM Journal, 1(4), 283–291. https://temjournal.com/documents/vol1no4/pdf/Strategy development by using SWOT- AHP.pdf

Parizeau, Y. (2017). Enterprise Architecture for Complex Government and the Challenge of Government On-Line in Canada. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.

Permatasari, A. (2017). Analisa konsep perencanaan strategis. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 9(2), 13–17. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/ar ticle/view/27

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2018). Sistem Informasi Akuntansi Accounting Information Systems. In Lembaga Informasi: Bandung (Vol. 3, Issue 2).

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v5i1.3470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats