Aplikasi E-Learning untuk Bimbingan Belajar KUMON

Wendy Denata, Honni Honni

Abstract


Berdasarkan hasil analisa, ditemukan bahwa proses belajar pada PT. Mercantile Deodate saat ini masih belum terorganisir dengan baik, sehingga dirancanglah sebuah aplikasi bimbingan belajar yang dapat membantu proses pembelajaran, penyampaian informasi serta pengerjaan kuis secara online agar lebih membantu para murid, guru, dan orang tua dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi pembelajaran, pengerjaan kuis, dan pemberian informasi perkembangan secara online berbasis aplikasi web pada PT.Mercantile Deodate agar mempermudah murid dan orang tua untuk melakukan proses belajar saat berada di bimbingan belajar serta memberikan informasi perkembangan murid. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode pengumpulan data melalui studi pustaka. Sedangkan metode perancangan yang digunakan adalah metode berorientasi objek yang mencakup use case diagram, activity diagram dan class diagram. Dengan adanya aplikasi bimbingan belajar ini dapat mempermudah proses pemberian materi pembelajaran, kuis, dan informasi perkembangan, terutama Matematika dan Bahasa Inggris lebih maksimal.


Full Text:

PDF

References


Clark, Ruth Colvin dan Mayer, Richard E. .2011. E-Learning and the Science of Instruction, Third Edition, John Wiley & Sons, Inc., USA.

Hidayatullah, Priyanto dan Kawistara, Jauhari Khairul. 2014. Pemrograman WEB, Informatika Bandung, Bandung.

Maya, Lydia Silvi, Wirdasari, Dian, dan Fadilla, Siti Dara. 2015. Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Web menggunakan e-Learning. Sumatera Utara.

MariaDB. 2014. About MariaDB. Tersedia di: https://mariadb.org/about/ [Diakses Januari 12, 2017].

Naista, David. 2016. Bikin Framework PHP Sendiri dengan OOP & MVC, Lokomedia, Yogyakarta.

Pamungkas Ajika Canggih. 2015. Rancang Bangun E-Learning Center Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Media Pembelajaran Yang Efektif. Surakarta.

Suryantara, I Gusti Ngurah (2014), Merancang Aplikasi Akuntansi Dengan VB.Net Elex Media Komputindo, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v1i2.1260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-7907


View My Stats