PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE TRAVEL AGENT TRAVELOKA DI JAKARTA

Tonny Hendratono, Ayu Destyani Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi harga dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada online travel agent Traveloka di Jakarta. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dan dipandang cocok untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,534 X1 + 0,118 X2 Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel persepsi harga (0,534), dan diikuti oleh variabel kualitas layanan (0,118). Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator dalam penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi dalam penelitian ini berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak terdapat muktikolinearitas, dan tidak terdapat autokorelasi positif maupun negatif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen (persepsi harga dan kualitas layanan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen ( keputusan pembelian) pada online travel agent Traveloka di Jakarta. Artinya, menurut konsumen dua variabel independen dianggap penting ketika akan membeli produk dari online travel agent Traveloka di Jakarta. Angka R square yang diperoleh sebesar 0,689, menunjukkan bahwa sebesar 68,9% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel persepsi harga dan kualitas layanan, sedangkan sisanya sebesar 31,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v3i2.1341

Refbacks