Pengaruh Sales PromotionTumbler Day terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran

Regina Dewi Hanifah, Fungky Hartono

Abstract


Permasalahan yang terjadi adalah penurunan pada penjualan di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran baik pada total penjualan maupun pada saat adanya sales promotion Tumbler Day pada setiap tanggal 22, yang dimana menurut Strang (Kazmi dan Batra, 2008:482) sales promotion merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sales promotion Tumbler Day terhadap keputusan pembelian konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran.Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumen dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling yang dimana didapatkan sample untuk penelitian ini sebanyak 166 responden. Dari hasil penelitian didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,510 dengan pengaruh antara kedua variabel tersebut sebesar 26,1% dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,261. Formulasi persamaan regresi sederhana yang di dapatkan adalah Ŷ = 21,386 + 0,647X yang artinya adalah bahwa setiap terjadinya penambahan durasi sales promotion Tumbler Day maka akan terjadinya peningkatan pada keputusan pembelian. Berdasarkan pada uji-t pada penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut thitung> ttabel (7,601 > 1,97453), berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan untuk penelitian ini bahwa terdapat pengaruh antara sales promotion Tumbler Day terhadap keputusan pembelian konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran. Kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini adalah dengan meningkatkan durasi pada sales promotion Tumbler Day akan dapat meningkatkan keputusan pembelian di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran. Saran untuk manajemen adalah dapat memberikan tambahan durasi pada sales promotion Tumbler Day sehingga penjualan dapat lebih meningkat dan juga dapat membentuk promosi tersendiri khusus untuk Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran.
 
Kata kunci: Sales promotion, keputusan pembelian, Coffee Shop

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v3i2.1338

Refbacks