Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Brand Awareness Blu by BCA Digital di Kalangan Mahasiswa Universitas Bunda Mulia
Abstract
Abstrak
Telah banyaknya bermunculan berbagai brand bank digital di Indonesia yang membuat Blu memiliki banyak kompetitor yang jauh lebih lama telah berdiri di Indonesia dan sudah lebih dikenal atau memiliki brand awareness yang lebih baik dikalangan masyarakat Indonesia dibandingkan dengan Blu by BCA Digital seperti, Bank Jago, Bank Neo Commerce, Jenius, dan Sea Bank. Peningkatan brand awareness dapat dilakukan dengan cara meningkatkan aktivitas promosi di tempat yang berperan menjadi sumber informasi bagi segmentasi dan target pasar seperti di radio, televisi, media sosial dan lain sebagainya. Untuk segmentasi mahasiswa yang menjadi target Blu, salah satu tempatnya adalah media sosial Instagram. Penelitian ini dilakukan terhadap 114 mahasiwa aktif Universitas Bunda Mulia untuk melihat apakah promosi di Instagram dapat berpengaruh terhadap brand awareness mereka untuk Blu by BCA Digital. Berdasarkan analisis regresi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media social Instagram dengan brand awareness dari Blu by BCA Digital dikalangan mahasiswa Universitas Bunda Mulia.
Kata Kunci: media sosial, Instagram, bank digital, brand awareness, regresi linear
Abstract
The emergence of various digital bank brands in Indonesia has made Blu have many competitors that have been established in Indonesia for much longer and are better known or have better brand awareness among the Indonesian people compared to Blu by BCA Digital such as Bank Jago, Bank Neo Commerce, Jenius, and Sea Bank. Increasing brand awareness can be done by increasing promotional activities in places that act as sources of information for market segmentation and targets such as on radio, television, social media and so on. For the student segmentation that is Blu's target, one of the places is Instagram social media. This study was conducted on 114 active students of Bunda Mulia University to see whether promotions on Instagram can affect their brand awareness for Blu by BCA Digital. Based on the regression analysis conducted, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between Instagram social media and brand awareness of Blu by BCA Digital among Bunda Mulia University students.
Keywords: social media, Instagram, digital bank, brand awareness, linear regression
Full Text:
PDFReferences
Agustinus, A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Sosial Media (Instagram) dalam Meningkatkan Brand Awareness Kopi Kenangan. Prologia, 4(2), 339-346.a
Angelia, Diva. (2022, 09 Oktober). “Mengintip Kebiasaan Masyarakat Indonesia Gunakan Bank Digital”. Good Stats. [Online], 1 halaman. Tersedia: https://goodstats.id/article/mengintip-kebiasaan-masyarakat-indonesia-gunakan-bank-digital- VrBxO. [08 Februari 2023].
BCA Digital. (2020). “Tentang BCA Digital”. [Online]. Tersedia: https://bcadigital.co.id/profil/ yang direkam pada 2020. [08 Februari 2023].
Ditjen Perbendaharaan Republik Indonesia. (2022). “Digital Banking”. Dalam Jurnal KEMENKEU RI DITJEN Perbendaharaan Direktorat PKN. [Online], 1 halaman. Tersedia: https://djpb.kemenkeu.go.id/direktorat/pkn/id/odading/2919-digital- banking.html#:~:text=Bank%20Digital%20sendiri%20berdasarkan%20POJK,menggunakan%20kantor%20fisik%20yang%20terbatas. [23 Februari 2023].
Editor. (2022, 21 Juni). “Daftar Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022”. Good Stats. [Online], 1 halaman. Tersedia: https://goodstats.id/infographic/media- sosial-yang-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2022-JpfD1. [08 Februari 2023].
Editor. (2023, 16 Januari). “Pengguna Blu by BCA Tembus 1,1 Juta, Didominasi Gen Z dan Milenial”. Kumparan Bisnis. [Online], 1 halaman. Tersedia: https://kumparan.com/kumparanbisnis/pengguna-blu-by-bca-tembus-1-1-juta-didominasi- gen-z-dan-milenial-1zeLrxgpkCY/full. [08 Februari 2023].
Edwina, Danica Elma. (2020). “Kesadaran Merek Dan Citra Merek Dalam Menentukan Loyalitas Merek Serta Implikasinya Pada Preferensi Merek (Suatu Survey Pada Konsumen Elzatta Di Pasar Baru, Bandung)”. [Online]. Tersedia: https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3602/ yang direkam pada 08 September 2020. [08 Februari 2023].
Khrisnamurti, Geudentius Argoragil. (2022). “Pengaruh Konten Media Sosial Instagram terhadap Brand Awareness Aplikasi blu by BCA Digital”. [Skripsi Sarjana, Universitas Multimedia Nusantara]. https://kc.umn.ac.id/21638/
Naurah, Nada. (2023, 08 Februari). “Medsos Jadi Sumber Informasi Masyarakat Indonesia Terbesar 2022”. Good Stats. [Online], 1 halaman. Tersedia: https://goodstats.id/article/medsos-jadi-sumber-informasi-masyarakat-indonesia-terbesar- 2022-O7mtR. [08 Februari 2023].
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). “Digital Banking: Permudah Akses Layanan Perbankan di Masa Pandemi”. Dalam artikel Sikapi Uangmu. [Online], 1 halaman. Tersedia: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40702. [08 Februari 2023].
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). “Transformasi Digital Perbankan: Wujudkan Bank Digital”. Dalam artikel Sikapi Uangmu. [Online], 1 halaman. Tersedia: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40774. [08 Februari 2023].
Redaksi OCBC NISP. (2022). “Digital Bank: Pengertian, Layanan, Kelebihan & Kekurangannya”. Dalam Jurnal OCBC NISP. [Online], 1 halaman. Tersedia: https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/01/10/digital-bank-adalah. [23 Februari 2023].
Sapitri, Ira Dwy. (2020). “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skills) Peserta Didik”. [Online]. Tersedia: http://repository.unpas.ac.id/49677/ yang direkam pada 18 Agustus 2020. [23 Februari 2023].
Setiadi, Ahmad. (2015). “Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi”. [Online]. Tersedia: https://ejournal.bsi.ac.id › ejurnal › article › download yang direkam pada 2015. [23 Februari 2023].
Wijaya, Krisna. (2021). “Digital Banking VS Digital Bank”. [Online]. Tersedia: https://lppi.or.id/site/assets/files/1890/kw-serial_berbagi-digital_banking_vs_digital_bank.pdf yang direkam pada April 2021. [23 Februari 2023].
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v4i1.6015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RECOMMENDED TOOLS
INDEXED BY
p-ISSN 2798-1819
e-ISSN 2798-0189
UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id