Pengaruh NCT Dream Sebagai Brand Ambassador Mie Lemonilo Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Viviana Viviana, Ruth Nattassha

Abstract


Abstrak

 Lemonilo pertama kali muncul sebagai sebuah brand dengan menggunakan konsep mie instan sehat yang tidak menggunakan bahan pewarna dan pengawet. Dilansir dari riset yang dimuat di Kompas pada tahun 2022 ditemukan bahwa Lemonilo menempati urutan ke empat pada top brand penjualan mi instan goreng terlaris di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia periode 17 - 31 januari 2022. Hal ini menunjukkan bahwa mie Lemonilo kurang cukup populer dibandingkan dengan merek mie instan lain yang sudah lebih dulu beredar di pasaran. Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan brand ambassador NCT Dream dapat meningkatkan pembelian mie Lemonilo. Berdasarkan analisis data tentang hubungan antara NCT Dream sebagai Brand Ambassador dengan Keputusan Pembelian Mie Lemonilo di daerah JABODETABEK dengan menggunakan beberapa jenis uji yaitu uji korelasi , uji t, dan uji f maka dapat diketahui bahwa nilai korelasi yang didapatkan adalah 0,705 dimana tanda korelasinya adalah positif artinya NCT Dream sebagai Brand Ambassador memiliki hubungan terhadap keputusan pembelian yang dilakukan pada brand mie lemonilo. Selain itu berdasarkan uji t dan uji f juga didapatkan hasil hipotesis H1 diterima artinya Pemilihan NCT Dream sebagai brand ambassador dapat membantu meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk Mie Lemonilo diterima.

 

Kata Kunci: brand ambassador, keputusan pembelian, regresi linear

 

Abstract

               Lemonilo first appeared as a brand using the concept of healthy instant noodles that do not use dyes and preservatives. Reported from research published in Kompas in 2022, it was found that Lemonilo was ranked fourth in the top brands of best-selling fried instant noodles in marketplaces such as Shopee and Tokopedia for the period 17-31 January 2022. This shows that Lemonilo noodles are not very popular compared to other instant noodle brands that have been on the market for a long time. The study was conducted to determine whether the use of the NCT Dream brand ambassador could increase purchases of Lemonilo noodles. Based on data analysis on the relationship between NCT Dream as a Brand Ambassador and Lemonilo Noodle Purchasing Decisions in the JABODETABEK area using several types of tests, namely correlation tests, t tests, and f tests, it can be seen that the correlation value obtained is 0.705 where the correlation sign is positive, meaning that NCT Dream as a Brand Ambassador has a relationship with purchasing decisions made on the Lemonilo noodle brand. In addition, based on the t-test and f-test, the results of the H1 hypothesis were accepted, meaning that the selection of NCT Dream as a brand ambassador can help increase consumer purchasing decisions for Mie Lemonilo products.

 

Keywords:  brand ambassador, purchase decision, linear regression

 


Full Text:

PDF

References


Agnihotri, K. M. K., Yadav, M. S., & Grewal, R. (2016). Getting the most out of all your brand contacts. American Marketing Association.

Dev Muthusamy, S., & Asokan, R. (2021). The impact of brand ambassadors on brand image and purchase intention. International Journal of Marketing and Business Communication.

Monavia Ayu Rizaty. (2021). Konsumsi Mi Instan Indonesia Terbesar Kedua di Dunia pada 2021. Dataindonesia.id

Notoatmodjo, S. (2010). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial. PT.RajaGrafindo.

Nuraini. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemasaran.

Raharjo. (2019). Penetapan Harga pada Industri Ritel. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Rofiqul Umam & Al Fatih, M. I. (2019). Sampling dalam Penelitian Sosial: Definisi Populasi dan Teknik Sampling. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIS Universitas Negeri Malang.

Shifa Az Zahra (2023). Dihadiri 36 Ribu Penonton, Konser NCT DREAM di ICE BSD Sukses Digelar. Diambil dari https://www.mnctrijaya.com/

Sharmila Devi Muthusamy, & Asokan, R. (2021). The impact of brand ambassador on brand image and purchase intention. International Journal of Marketing and Business Communication.

Suharyadi, & Purwanto. (2014). Statistika untuk Ekonomi dan Bisnis. Penerbit Salemba Empat.

Sutera, D., Sitorus, R., & Pasaribu, R. (2019). Factors influencing purchase decision-making process: A review of literature. International Journal of Scientific and Research Publications.

Susanto, Wibowo. (2020). Pengaruh Motivasi dan Sikap Terhadap Minat Beli Produk Lokal pada Konsumen di Kota Surakarta. Jurnal Magister Manajemen Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Susanto. (2017). Pengembangan Produk dalam Industri Tekstil. Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Wulandari, A. (2020). Pentingnya Definisi Operasional dalam Penelitian. Jurnal Kesehatan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika Non Parametris untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v4i1.6012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id