Menilai Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Adopsi Layanan Paylater: Perspektif Pengguna Shopee Paylater di Jakarta

Reynhold Alward Andreas Lesilolo, Agung Stefanus Kembau, Fricilla Elsyabeth Malae

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh manfaat, kepercayaan, dan kemudahan terhadap keputusan penggunaan Shopee Paylater sebagai metode pembayaran alternatif cicilan di aplikasi Shopee oleh masyarakat DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif, yang bertujuan untuk melihat hubungan sebab-akibat dan menguji hipotesis. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebarkan menggunakan Google Form kepada sampel yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, manfaat dan kepercayaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan penggunaan Shopee Paylater, sedangkan kemudahan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Namun, secara simultan, manfaat, kepercayaan, dan kemudahan secara bersama-sama memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan penggunaan Shopee Paylater di DKI Jakarta. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor manfaat dan kepercayaan memainkan peran penting dalam mendorong masyarakat untuk menggunakan Shopee Paylater, sementara kemudahan perlu diperhatikan sebagai faktor pendukung.

Kata Kunci:  Paylater, Manfaat, Kepercayaan, Kemudahan, Keputusan Penggunaan, Shopee Paylater


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa Stie Aub Surabaya. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 93-100.

Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, Dan Pendapatan Terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat Di Dki Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309-325. Retrieved From Http://Penerbitgoodwood.Com/Index.Php/Jakman/Article/View/495

Blackburn, H. (2011). Millennials And The Adoption Of New Technologies In Libraries Through The Diffusion Of Innovations Process. Library Hi Tech, 29(4), 663-677.

Ilahi, N. (2022). “Beli Sekarang Bayar Nanti”: Mahasiswi, Spay Later, Dan Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial.

Islamiati, Dian, & Mentara, H. (2019). Hubungan Dismenore Primer Terhadap Aktivitas Olahraga Remaja Putri Di Smp Negeri 1 Banawa Tengah. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 52-66.

Gefen, D. (2003). Tam Or Just Plain Habit: A Look At Experienced Online Shoppers. Journal Of Organizational And End User Computing (Joeuc), 15(3), 1-13.

Krempel, E., & Beyerer, J. (2014). Tam-Vs: A Technology Acceptance Model For Video Surveillance. Athens, Greece: Lecture Notes In Computer Science.

Kurniawan, Y., Bhatara, R., Anwar, N., & Johan. (2021). Analysis Of The Effect Of Usefulness, Ease Of Use, And Security Perceiption On Intentions To Use The Paylater Application. Journal Of Theoretical And Applied Information Technology, 3542-3554.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linear Berganda. Jurnal Barekeng, 333-342.

Musfar, T. F., Nabilla, M., & Jushermi, J. (2023). The Effect Of Ease Of Use And Customer Trust Toward Customer. Dinasti International Journal Of Digital Business Management.

Orientani, R., & Kurniawati, M. (2021). Factors Influencing Intention To Use Spaylater In Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis.

Pazarbasioglu, C., Mora, A. G., Uttamchandani, M., Natarajan, H., Feyen, E., & Saal, M. (2020). Digital Financial Services. World Bank, 54, 1-54.

Putri, F. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818-828. Retrieved From Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jim/Article/View/8582

Rahmaniar, A., Syahirah, A. N., T, A. K., Tiara, A., Abimayu, A., Vanchudsi, A., . . . Putrigina, D. (2023). Bunga Rampai Isu-Isu Komunikasi Kontemporer 2023. Depok: Pt Rekacipta Proxy Media.

Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318-330. Retrieved From Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpe/Article/View/20164

Ryu, H. S. (2018). What Makes Users Willing Or Hesitant To Use Fintech?: The Moderating Effect Of User Type. Industrial Management & Data Systems, 118(3), 541-569.

Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan Dan Kepercayaan. Scopindo Media Pustaka.

Stewart, H., & Jürjens, J. (2018). Data Security And Consumer Trust In Fintech Innovation In Germany. Information & Computer Security, 26(1), 109-128.

Singh, S., Sahni, M. M., & Kovid, R. K. (2020). What Drives Fintech Adoption? A Multi-Method Evaluation Using An Adapted Technology Acceptance Model. Management Decision, 58(8), 1675-1697.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tardan, H. (2022). Analisa Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Pelanggan Milenial Terhadap Citra Merek Market Place Shopee Selama Pandemi Covid-19 Di Jabodetabek. Proceeding Of Lp3i National Conference Of Vocational Business And Technology, 253-269.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance Of Information Technology: Toward A Unified View. Mis Quarterly, 425-478.

Wardhana, A., Kembau, A. S., Kumaat, A. P., & Sunara, T. A. (2023). The Analisis Pengaruh E-Service Quality Terhadap Customer Behaviour Dengan Mediasi Customer Satisfaction Dan Customer Trust. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3), 1932-1940.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v4i1.5956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RECOMMENDED TOOLS

    Turnitin logo

 

INDEXED BY

p-ISSN 2798-1819

e-ISSN 2798-0189

    

 

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id