Mengapa Pengguna Memilih Dompet Digital GoPay? Studi Tentang Pengaruh Persepsi Terhadap Kemudahan, Keamanan, Dan Manfaatnya
Abstract
Perkembangan internet yang pesat telah mempermudah berbagai aktivitas, termasuk transaksi non-tunai melalui dompet digital. Dompet digital, seperti GoPay, berperan penting dalam mendukung transaksi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi kemudahan, keamanan, dan manfaat terhadap minat penggunaan dompet digital GoPay. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner online (Google Forms) dan dianalisis menggunakan software SmartPLS 4. Populasi penelitian adalah masyarakat Jakarta yang menggunakan GoPay, dengan sampel sebanyak 94 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, keamanan, dan manfaat masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan GoPay. Kesimpulannya, pengembangan sistem pembayaran dompet digital di Indonesia perlu ditingkatkan untuk mendorong adopsi yang lebih luas. Penyedia layanan disarankan untuk terus meningkatkan sistem mereka guna mempermudah penggunaan, memperkuat keamanan, dan memberikan manfaat nyata bagi pengguna. Studi ini belum mengkaji faktor eksternal seperti kondisi ekonomi, regulasi pemerintah, atau tren sosial yang dapat mempengaruhi adopsi dompet digital. Penelitian masa depan disarankan untuk menggunakan pendekatan holistik dengan metode campuran kualitatif dan kuantitatif serta studi longitudinal untuk melacak perubahan perilaku pengguna dari waktu ke waktu.
Kata Kunci:
Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Persepsi Manfaat, Minat Penggunaan, TAM, Dompet Digital, GoPay
Full Text:
PDFReferences
Agustino, L., Ujianto, & Yousida, I. (2021). Pengaruh Promosi, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Dengankepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-Wallet Di Kota Banjarmasin. Https://Doi.Org/10.35972/Kindai.V17i3.631
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. Mis Quarterly. Http://Dx.Doi.Org/10.2307/249008
Faizun Ulurrosyad, M., & Yudo Jayanto, P. (2020). Faktor-Faktor Dalam Menggunakan E-Money (GoPay) Pada Masyarakat Muslim Di Kota Semarang. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1). Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Moneter
Ghozali, H. I., & Kusumadewi, K. A. (2023). Partial Least Squares: Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 4.0 Untuk Penelitian Empiris (1st Ed).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 (9th Ed.).
Hikmah, A., & Nurlinda, R. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Dompet Digital Dana Ra Nurlinda. Journal Of Management And Creative Business (Jmcbus), 1(4), 181–202. Https://Doi.Org/10.30640/Jmcbus.V1i4.1433
Krisnawati, M., Wienadi, J., & Wiradinata, T. (2021). The Effect Of Consumer Trust And Perceived Risk On E-Wallet Adoption: Consideration For. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 10(2), 111–118. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37715/Jee.V10i2.2212
Mui Hung Kee, D., Huey Lai, K., Ching Lee, J., Jie Lee, K., Long Lee, J., Yosanti, I., & Nita Aryani, D. (2022). Do You Have A Digital Wallet? A Study Of E-Wallet During The Covid-19 Pandemic. International Journal Of Accounting & Finance In Asia Pasific (Ijafap), 5(1), 24–38. Https://Doi.Org/10.32535/Ijafap.V5i1.141
Mutia, C. A. (2023, September 20). Pengguna Internet Di Indonesia Tembus 213 Juta Orang Hingga Awal 2023. Databoks. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/09/20/Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Tembus-213-Juta-Orang-Hingga-Awal-2023
Nizar, A. M., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Dompet Digital Linkaja. J-Mas (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 928. Https://Doi.Org/10.33087/Jmas.V7i2.569
Pratiwi, I. E., Affandy, F. F., & Rosalina, Y. (2020). Determinan Penggunaan Digital Banking Pada Generasi Milenial Muslim: Pendekatan Technology F Acceptance Model (Studi Kasus Di Kota Jayapura, Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 478. Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V6i3.1198
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa Stie Bank Bpd Jateng. Journal Of Economics And Banking , 2. Https://Www.Liputan6.Com
Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo. Journal Image |, 10(1), 53–62. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Image.V10i1.32009
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D (2nd Ed.). Alfabeta, Cv.
Susanti, N. L. P. R., & Putra, M. P. D. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kualitas Layanan, Dan Risiko Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dalam Transaksi Keuangan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(03), 407–420. Https://Ojs.Unud.Ac.Id/Index.Php/Eeb/
Umaningsih, W. P., & Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money. Jae: Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi . Https://Ojs.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Akuntansi/Article/View/14057
Wahyudi, B., & Yanthi, M. D. (2021). Penerimaan Teori Tam Terhadap Penggunaan Mobile Payment Dengan Kompatibilitas Sebagai Variabel Eksternal. Akuntabilitas, 15(1), 55–72. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29259/Ja.V15i1.11850
Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Ovo Di Depok. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1). Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Moneter54
William, G., & Tjokrosaputro, M. (2021). Persepsi Kegunaan Dan Promosi Untuk Memprediksi Niat Penggunaan E-Wallet: Sikap Sebagai Variabel Mediator. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 74. Https://Doi.Org/10.24912/Jmieb.V5i1.9997
Wong, W. H., & Mo, W. Y. (2019). A Study Of Consumer Intention Of Mobile Payment In Hong Kong, Based On Perceived Risk, Perceived Trust, Perceived Security And Technological Acceptance Model. Journal Of Advanced Management Science, 33–38. Https://Doi.Org/10.18178/Joams.7.2.33-38
Yuniarti, V. (2019). Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan Financial Technology Peer To Peer Lending. Https://Jimfeb.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jimfeb/Article/View/6228/5464
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v4i1.5937
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RECOMMENDED TOOLS
INDEXED BY
p-ISSN 2798-1819
e-ISSN 2798-0189
UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Lantai 6 Kampus Ancol - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1624
Email: digismantech@ubm.ac.id