KOMUNIKASI BISNIS PADA ETNIS TIONGHOA STUDI KASUS DI WARUNG KOPI ASIANG, KOTA PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT

Danny Triandana Wiwaha Johannes, Udung Noor Rasyid

Abstract


Penelitian ini berjudul “Komunikasi Bisnis pada Etnis Tionghoa (Studi Kasus di Warung Kopi Asiang,
Pontianak, Kalimantan Barat). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi yang
terbentuk dari konsumen yang datang dalam pandangan Komunikasi bisnis Etnis Tionghoa. Metode
Penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus
fenomenologi dan hermeneutika. Fenomenologi merupakan pandangan berfikir yang menekankan pada
pengalaman subjektif manusia, dan hermeneutika melengkapinya sebagai hermeneutika fenomenologis,
yang beranggapan bahwa pemahaman teks harus dibiarkan berdiri sendiri tanpa adanya prasangka dan
perspektif dari dari penafsir. Oleh sebab itu, menafsirkan sebuah teks berarti secara metodologis
mengisolasikan teks dari semua hal yang tidak ada hubungannya, termasuk bias-bias subjek penafsir dan
membiarkannya mengomunikasikan maknanya sendiri pada subjek. Dalam studi penelitian ini, peneliti
berusaha untuk mengetahui kenapa dan menjelaskan bagaimana jalinan komunikasi bisnis di warung kopi
Asiang dan dengan keunikan serta aktivasi yang dilakukan oleh pemilik dan tamu dari Warung Kopi
Asiang. Dalam penelitian fenomenologi ini, peneliti tidak memiliki asumsi apa-apa mengenai bisnis yang
dijalankan di Warung Kopi Asiang, tidak menyimpulkan secara langsung mengenai bisnis yang
dijalankan di Warung Kopi tersebut sebelum meneliti dan mendialogkannya dengan cermat. Hasil dari
penelitian ini adalah motif-motif yang mendorong pemilik warung kopi Asiang dan tamunya dalam
melakukan interaksi bisnis antara lain adalah motif ekonomi dan motif sosial (kepuasan pelanggan). Motif Ekonomi adalah motif yang didasari pada oleh pemenuhan kebutuhan hidup secara jangka pendek
maupun jangka panjang yang baik.
Kata Kunci: Komunikasi, Bisnis, Etnis, Tionghoa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v3i02.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats