Perancangan Sistem Identitas Visual dan Environmental Graphic Design pada Scientia Square Park Building Berbasis Konsep Tangram
Abstract
Ruang publik modern menuntut integrasi antara fungsi dan pengalaman pengguna, di mana peran Environmental Graphic Design (EGD) menjadi sangat penting dalam menciptakan sistem komunikasi visual yang efektif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas visual dan sistem EGD di Scientia Square Park (SQP) Building, sebuah gedung multifungsi dengan konsep live, learn, dan play. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Konsep visual utama mengadopsi filosofi tangram yang melambangkan fleksibilitas, modularitas, dan keterhubungan ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen desain seperti logo, pictogram, sistem tipografi, dan signage yang dikembangkan berdasarkan prinsip keterbacaan dan konsistensi visual mampu meningkatkan navigasi dan memperkuat identitas ruang publik. Validasi desain dilakukan melalui presentasi dengan mitra untuk memperoleh masukan dan penyempurnaan. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan desain EGD berbasis konsep tangram dan pendekatan user-centered dapat menciptakan sistem informasi visual yang tidak hanya estetis dan fungsional, tetapi juga komunikatif dan inklusif, sehingga meningkatkan kualitas interaksi pengguna dengan lingkungan bangunan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arthur, P., & Passini, R. (1992). Wayfinding: People, Signs, and Architecture. McGraw-Hill.
Calori, C., & Vanden-Eynden, D. (2015). Signage and wayfinding design (2nd ed.). Wiley.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
Gibson, D. (2009). The Wayfinding Handbook: Information Design for Public Places. Princeton Architectural Press.
Kusumarini, Y., de Yong, S., & Thamrin, D. (2012). Signage system of malls in Surabaya: Universal interior design applications and suggestions for solution. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 68, 515–525. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.245
Ramandhita, D., & Indrayana, D. (2012). Perancangan Environmental Graphic Design Museum Sepuluh Nopember Surabaya Area Dalam. ITS Repository. https://repository.its.ac.id/2781/
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v8i2.9177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Titik Imaji