PENGGUNAAN MEME KUCING SEBAGAI STRATEGI EDUKASI YANG MENGHIBUR PADA MASYARAKAT CYBERSPACE

wina pertiwi putri wardani

Abstract


Kemajuan teknologi telah mempermudah penyampaian pesan di era digital melalui berbagai format visual, sehingga menekankan keterlibatan pengalaman dan aspek emosional masyarakat di ruang maya (cyberspace). Meme kucing menjadi salah satu strategi komunikasi populer yang digunakan terutama pada platform TikTok dengan tujuan menghibur. Akun TikTok @inhistoryyy menjadi viral di Indonesia karena menerapkan meme kucing sebagai pendekatan pesan edukasi bernuansa humor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan meme kucing sebagai strategi edukasi yang menghibur di kalangan masyarakat digital. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan netnografi. Strategi penyampaian edukasi yang menyenangkan melalui meme kucing dilakukan dengan mempertimbangkan aspek form, content, dan context secara tepat. Pendekatan ini memanfaatkan familiaritas visual, perancangan multimodal berupa kombinasi visual dan teks, pemilihan topik yang relevan dan sederhana, aktivasi emosional melalui humor ringan, serta optimalisasi timing dan relevansi tren. Meme kucing yang dipilih merupakan meme populer dan sudah akrab di mata audiens, sehingga mampu menggugah emosi penonton dan menghasilkan respon yang persuasif. Kesesuaian antara gambar dan teks yang mengikuti prinsip visual rhetoric membuat pesan lebih mudah diterima. Tema “Black Death” ditampilkan secara sederhana namun menghadapi kekurangan pada pengaturan waktu publikasi, karena pembagian konten hingga empat bagian ternyata menurunkan minat penonton.


Keywords


meme; cat; cyberspace; education; design

Full Text:

PDF

References


Araneo, P. (2024). From DeFault to DeSign: Symbols, Memes, Acronyms, Emojis, & Other Visual Cues Across Time. World Futures Review, 16(1–2), 100–115. https://doi.org/10.1177/19467567241249716

Coblentz, S. (2024). WHAT THE DEVIL: THE ROOTS AND REBIRTH OF SATANIC FEARS IN TWENTIETH CENTURY AMERICA. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 7, Nomor 2).

Desmet, P. M. A. And Hekkert, P. (2009). special Issue Editorial: Design & Emotion. International Journal Of Design, 3(3), 1–6.

Duncan, C. J., & Scott, S. (2005). What caused the Black Death? Postgraduate Medical Journal, 81(955), 315–320. https://doi.org/10.1136/pgmj.2004.024075

Granowski, A. (2025). The Aesthetic Components of GIFs in Online Instruction Analyzing GIFs in Help Center Instruction Based Articles. Advances in Literary Study, 13(02), 125–136. https://doi.org/10.4236/als.2025.132010

Kose, S. S. (2024). Meme Kucing Ternyata Sudah Viral Dari Abad Ke-19, Begini Cara Penyebarannya Meski Belum Ada Media Sosial. liputan 6.com. https://www.liputan6.com/global/read/5741252/meme-kucing-ternyata-sudah-viral-dari-abad-ke-19-begini-cara-penyebarannya-meski-belum-ada-media-sosial

Lo, C. H., Ko, Y. C., & Wang, S. Q. (2023). Application the ZMET method to explore meme cultural design elements. E3S Web of Conferences, 452. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202345205007

Murfianti, F. (2020). Meme Di Era Digital Dan Budaya Siber. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 11(1), 45–50. https://doi.org/10.33153/acy.v11i1.2613

Primagara, M., & Yulianita, N. (2024). Tiktok Sebagai Sumber Informasi Pemilih Pemula Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 1(6), 33.

Rustan, S. (2020). Layout 2020. Nulisbuku Jendela Dunia.

Safirti, R. D. E., Akbar Maulana, M., Amalia, Q., Dinda Agnesia, R., Setyowati, L., Khorunnisa, W., Alwanni, D. A., Faricco Albamma, A., & Umam, S. (2024). Penggunaan Meme Sejarah di Media Sosial X Guna Membangun Nasionalisme Generasi Bangsa Pada Mahasiswa Sejarah UNNES. Jurnal Mediasi, 3(2), 200.

Sholehah, I., Kuswoyo, I. H., Nakidhoh, S., & Thoriquss’uud, M. (2023). Implikatur Non Konvensional Pada Meme Arab Dalam Akun Twitter@ Egyptianmeme Dan@ Memesoficiial. armala, 4(2), 32.

Wang, M., Bhuiyan, M. M., Rho, E., Luther, K., & Lee, S. W. (2024). Understanding the Relationship Between Social Identity and Self-Expression Through Animated Gifs on Social Media. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 8(CSCW1). https://doi.org/10.1145/3641031




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v8i2.9147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.