Analisis Desain Karakter pada “Mother of Mothers” Game ‘BLASPHEMOUS’ dan Korelasinya dengan Sejarah Katolik Roma Spanyol
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter desain dalam game metroidvania 'BLASPHEMOUS', khususnya pada area 'Mother of Mothers', dan mengkaji korelasinya dengan sejarah Katolik Roma di Spanyol. 'BLASPHEMOUS' merupakan permainan yang menggabungkan elemen-elemen horor gotik dan mitologi religius dengan pengaruh budaya Spanyol. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori semiotikaRoland Barthes untuk mengeksplorasi desain karakter yang ada di 'Mother of Mothers'. Melalui analisis ini, kami menemukan bahwa game ini mencerminkan kritik budaya terhadap sejarah Katolik Roma Spanyol, dengan simbolisme dan narasi yang mengangkat isu-isu seperti penebusan dosa, pengorbanan, dan ketidakadilan gereja. Temuan ini memperkaya pemahaman kita tentang bagaimana media interaktif seperti video game dapat digunakan untuk merefleksikan dan mengkritik sejarah dan budaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barthes, R. (1968). Elements of Semiology (A. Lavers & C. Smith, Trans.). Hill and Wang.
The Game Kitchen. (2019). Blasphemous: Artbook. The Game Kitchen.
Aquinas, T. (1947). Summa Theologica (Fathers of the English Dominican Province, Trans.). Benziger Bros.
Tillman, B. 2011. Creative Character Design. Elsevier Focal Press.
Nieminen, M. 2017. Psychology in Character Design: Creation of a Character Design Tool. South-Eastern Finland University of Applied Sciences.
Arnheim, R. (1977). The dynamics of architectural form. University of California Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v7i2.5642
Refbacks
- There are currently no refbacks.