Perancangan Display Type ‘NGOLU’ Terhadap Ulos Sadum Batak

Yolanda Ruth Theophanie Taruli Tumilisar, Brian Alvin Hananto, Winoto Usman

Abstract


Ulos Sadum merupakan satu dari banyak Ulos di koleksi Ulos Batak yang umunya ditemukan pada acara adat pernikahan suku Batak. Umumnya ulos ini digunakan sebagai bentuk rasa syukur keluarga kepada kedua mempelai yang baru saja menikah. Ulos ini memiliki berbagai macam motif seperti bentuk abstrak, binatang, tumbuhan, dan manusia. Ditemukannya juga penggunaan elemen tipografi di dalam structure ulos tersebut. Selain itu, terdapat banyak sekali nilai – nilai penting seperti Dalihan Na Tolu yang merupakan filosofi kehidupan orang Batak tentang menjalani kehidupan dengan sesama masyarakat. Seiring berjalannya waktu, nilai – nilai budaya dari Suku Batak mulai bergeser yang diakibatkan oleh perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Dengan itu, diperlukannya upaya dalam memperkuat identitas dari suku Batak. Proses perancangan dimulai dengan melakukan riset terhadap berbagai elemen di dalam Ulos secara general dan juga pada Ulos Sadum yang akan diterapkan pada desain Display Type ‘NGOLU’. Proses perancangan dilakukan dengan mengikuti metode perancangan ‘Typographic Design Process’ oleh Rob Carter. Perancangan ini memiliki tujuan untuk menunjukan bahwa dalam sebuah desain Display Type yang sering digunakan dan ditemukan dalam kehidupan sehari – hari sebagai media komunikasi dapat menyimpan makna yang mendalam dan dapat menjadi media utama dalam melestarikan sebuah budaya seni yang mulai memudar.


Keywords


Desain Huruf; Ulos Sadum; Suku Batak

Full Text:

PDF

References


Agatha, F. (2022). Perancangan display type “pantjoran” berbasis objek vernakular daerah Pecinan Glodok. Universitas Pelita Harapan Repository. http://repository.uph.edu/id/eprint/48174

Agustina, C., & Bahri, S. (2015). MAKNA DAN FUNGSI ULOS DALAM ADAT MASYARAKAT BATAK TOBA DI DESA TALANG MANDI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 3(1), 1–15. http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/8523/8191

Alscher, D. (2019, May 21). A Comprehensive Guide to Typography Terms. G2 - Business Software Reviewers. https://www.g2.com/articles/typography-terms

Carter, R., Maxa, S., Sanders, M., Meggs, P. B., & Day, B. (2017). Typographic design: Form and Communication. John Wiley & Sons.

Computindo, G. (n.d.). PPID. https://ppid.kaltimprov.go.id/index.php/berita/yuk-simak-berbagai-jenis-suku-di-indonesia#:~:text=Indonesia%20memiliki%20lebih%20dari%20300,menurut%20sensus%20BPS%20tahun%202010.

Desiani, I. F. (2022). SIMBOL DALAM KAIN ULOS PADA SUKU BATAK TOBA. Jurnal Ilmu Budaya, 18(2).

Erlyana, Y. (2016). KAJIAN VISUAL KERAGAMAN CORAK PADA KAIN ULOS. Jurnal Dimensi DKV : Seni Rupa Dan Desain, 1(1), 35–46. https://doi.org/10.25105/jdd.v1i1.408

Finizola, F., Coutinho, S. G., & Cavalcanti, V. P. (2014). Vernacular design: a discussion on its concept. Blucher Design Proceedings. https://doi.org/10.5151/design-icdhs-107

Firmando, H. B. (2021). Kearifan Lokal Sistem Kekerabatan Dalihan Na Tolu dalam Merajut Harmoni Sosial di Kawasan Danau Toba. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 16. https://doi.org/10.29103/aaj.v5i1.4613

geometric. (2023). https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/geometric

Hananto, B. A. (2020). TINJAUAN TIPOGRAFI DALAM KONTEKS INDUSTRI 4.0. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 132–139. https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/278

Harahap, N., & Ernis. (2020). ANALISIS BENTUK RAGAM HIAS, FUNGSI DAN MAKNA ULOS BATAK DALAM ADAT MASYARAKAT MANDAILING SUMATRA UTARA. Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS UNP, 09, 2302–3236. https://doi.org/10.24036/stjae.v9i2.108628

Hariani, E., & Kusumastuti, A. A. (2023). STUDY OF FUNCTIONS, MOTIFS, AND SYMBOLIC MEANINGS OF TOBA BATAK ULOS SADUM WOVEN FABRICS IN NORTH SUMATRA. Fashion and Fashion Education Journal, 12(1), 32–47. https://doi.org/10.15294/ffej.v12i1.68019

Heller, S., & Anderson, G. (2016). The Typography Idea Book: Inspiration from 50 Masters (Type, Fonts, Graphic Design). Laurence King Publishing.

Hunt, R. (2020). Advanced Typography: From Knowledge to Mastery. Bloomsbury Publishing.

Juliana, N. (2015). Ragam hias ulos sadum mandailing. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 13(25). http://digilib.unimed.ac.id/1335/

Landa, R. (2018). Graphic Design Solutions. Cengage Learning.

Lubis, J. R., Sandi, D. M., & Risaharti, R. (2020). KEBERAGAMAN JENIS ULOS DALAM KAJIAN VISUAL DIGITAL DI ERA MILENIAL. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan. http://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/download/1519/1236

Mahoney, K. D. (n.d.). Latin Definition for: vernaculus, vernacula, vernaculum (ID: 38590) - Latin Dictionary and Grammar Resources - Latdict. https://latin-dictionary.net/definition/38590/vernaculus-vernacula-vernaculum

Marpaung, J. V. (2015). KAJIAN ESTETIKA PENERAPAN RAGAM HIAS KAIN ULOS RAGI HOTANG BATAK TOBA PADA BUSANA SIAP PAKAI. Inosains, 10(2). http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/inosains/article/download/1367/1245

Martin, B., Hanington, B., & Hanington, B. M. (2012). Universal methods of design: 100 Ways to Research Complex Problems, Develop Innovative Ideas, and Design Effective Solutions. Rockport Pub.

modular. (2023). https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/modular

Niessen, S. A. (2009). Legacy in cloth: Batak Textiles of Indonesia. Brill.

Pranata, D. (2018). PERGESERAN KEBUDAYAAN ETNIS BATAK : (Studi Kasus Adat Perkawinan Orang Batak Yang Bertempat Tinggal di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat). Universitas Negeri Jakarta. https://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://core.ac.uk/download/pdf/223126435.pdf

Rawson, B. (2010). Degrees of freedom. In Oxford University Press eBooks (pp. 195–222). https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199582570.003.0009

Sarumpaet, J. P., Sarumpaet, S., & Toha-Sarumpaet, R. K. (1995). Kamus Batak-Indonesia. https://ci.nii.ac.jp/ncid/BA54827645

Siaran pers: Kongres I Kebudayaan Batak Toba, Luhut Binsar Pandjaitan: Budaya Batak harus dilindungi dan dikembangkan – BPODT – Badan Pelaksana Otorita Danau Toba. (n.d.). https://www.bpodt.id/siaran-pers-kongres-i-kebudayaan-batak-toba-luhut-binsar-pandjaitan-budaya-batak-harus-dilindungi-dan-dikembangkan/

Siaran pers: Pra Kongres Kebudayaan Batak Toba, BPODT: Langkah Maju Pelestarian Budaya Batak – BPODT – Badan Pelaksana Otorita Danau Toba. (n.d.). https://www.bpodt.id/siaran-pers-pra-kongres-kebudayaan-batak-toba-bpodt-langkah-maju-pelestarian-budaya-batak/

Sibeth, A., Kozok, U., & Ginting, J. R. (1991). The Batak: Peoples of the Island of Sumatra : Living with Ancestors. Thames & Hudson.

Sihombing, A. A. (2018). Mengenal Budaya Batak Toba Melalui Falsafah “Dalihan Na Tolu” (Perspektif Kohesi dan Kerukunan). Jurnal Lektur Keagamaan. https://doi.org/10.31291/jlk.v16i2.553

Sihombing, D. (2015). Tipografi dalam Desain Grafis. Gramedia Pustaka Utama.

Skolos, N., & Wedell, T. (2012). Graphic Design Process: From Problem to Solution. Hachette UK.

Takari, M. (Ed.). (2009). ULOS DAN SEJENISNYA DALAM BUDAYA BATAK DI SUMATERA UTARA: MAKNA, FUNGSI, DAN TEKNOLOGI. Seminar Antarabangsa Tenunan Nusantara. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3025.1925

Ulos Sadum. (2017, March). Kami Suku Batak. https://4.bp.blogspot.com/-fgh6pvbfTHs/WNOaEPw2_QI/AAAAAAAAAsE/QF09iZKvPBsktr1k0ZpxHHGnq3KWxZ6UACEw/s320/Sadum%2BAngkola%2BLima.jpg

Vergouwen, J. (1964). The social organisation and customary law of the Toba-Batak of Northern Sumatra. Springer.

Verna on JSTOR. (n.d.). www.jstor.org. https://www.jstor.org/stable/264631

Wattimena, T. E. &. S. (2018). Pesona kain Indonesia: kain ulos Danau Toba. Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, P. Y. (1999). TIPOGRAFI DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. NIRMANA, 1(1).

Willen, B., & Strals, N. (2009). Lettering & type: Creating letters and designing typefaces. Princeton Architectural Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v7i2.5572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.