PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PAPER CUTTING BERTEMA KISAH RAKYAT INDONESIA BERJUDUL PAPER CUTTING: KISAH RAKYAT INDONESIA
Abstract
Pemanfaatan kegiatan seni untuk relaksasi mulai berkembang di masyarakat dalam bentuk buku interaktif, contohnya buku mewarnai dewasa. Hal ini membuka peluang inovasi buku interaktif seni lainnya, seperti paper cutting, yang cukup dikenal dan diminati masyarakat, serta dapat menjadi media inovasi penyampaian kisah rakyat Indonesia. Sayang ketersedianya di pasar masih minim, sehingga perancangan buku paper cutting ini bertujuan untuk menginformasikan kegiatan paper cutting, sebagai media relaksasi dan pelestarian kisah rakyat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data: observasi (langsung dan tidak langsung), data pustaka (jurnal, buku, website, dan artikel) dan kuesioner (random dan purposive). Didapatkan hasil, paper cutting cukup dikenal dan diminati masyarakat, khususnya perempuan di atas 17 tahun, kelas sosial A dan berdomisili di perkotaan. Kesimpulan yang didapat dari perancangan ini adalah, paper cutting memiliki manfaat positif sebagai media relaksasi dan inovasi penyampaian kisah rakyat Indonesia. Sehingga diharapkan, kedepannya semakin banyak inovasi bagi perkembangan buku interaktif berbahasa Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bodolec, C. (2017). The Chinese Paper-Cut: From Local Inventories to the UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity. Heritage Regimes and the State, 2013, 249–264. https://doi.org/10.4000/books.gup.392
Cahya, K. D. (2018). Hati-hati, “Dewasa Muda” adalah Usia Rawan Stres. Retrieved from https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/13/193000620/hati-hati-dewasa-muda-adalah-usia-rawan-stres?page=all
Cuncic, A. (2020). The Benefits of Mindfulness-Based Art Therapy. Retrieved May 20, 2020, from Verywell mind website: https://www.verywellmind.com/mindfulness-based-art-therapy-4588189
Eaton, J., & Tieber, C. (2017). The Effects of Coloring on Anxiety, Mood, and Perseverance. Art Therapy, 34(1), 42–46. https://doi.org/10.1080/07421656.2016.1277113
Kaimal, G., Ray, K., & Muniz, J. (2016). Reduction of Cortisol Levels and Participants’ Responses Following Art Making. Art Therapy, 33(2), 74–80. https://doi.org/10.1080/07421656.2016.1166832
Kinokuniya. (n.d.). Retrieved February 27, 2020, from Kinokuniya website: https://www.kinokuniya.co.id/
Kocu, D. (n.d.). Workshop and Class. Retrieved May 12, 2020, from
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v5i1.3509
Refbacks
- There are currently no refbacks.