Penyesuaian Perkuliahan Mata Kuliah Tipografi Dasar Secara Daring

Brian Alvin Hananto

Abstract


Pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 memaksa banyak sekolah dan universitas untuk menggeser bentuk pembelajarannya menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Perkuliahan MK. Tipografi Dasar pada Universitas Pelita Harapan juga merupakan salah satu kelas yang perlu beradaptasi dalam situasi tersebut. Tentunya perubahan medium pembelajaran ini memerlukan penyesuaian terhadap materi dan juga metode pengajarannya. Hal ini yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas untuk melihat seberapa efektifkah perubahan dan juga pelaksanaan perkuliahan secara daring ini. Dengan metodologi penelitian tindakan kelas, penulis berharap dapat menemukan dapat mengevaluasi pembelajaran perdana secara daring untuk MK. Tipografi Dasar di Universitas Pelita Harapan ini untuk menjadi basis yang dapat dikembangkan selanjutnya. Melalui fase evaluasi yang dilakukan, didapati bahwa lebih dari 70% responden mengungkapkan dapat mengikuti pembelajaran secara daring yang telah dilaksanakan. Penulis harap tulisan ini dapat menjadi referensi terhadap persiapan pembelajaran daring baik untuk mata kuliah tipografi, maupun mata kuliah desain lainnya.


Keywords


Perkuliahan Daring, Tipografi Dasar, Pendidikan Desain

Full Text:

PDF

References


Art Classroom: how technology is changing it. (2019). Retrieved May 7, 2020, from Acer for Education website: https://eu-acerforeducation.acer.com/learning-skills/art-classroom-how-technology-is-changing-it/

Bayer, H. (2009). On Typography. In H. Armstrong (Ed.), Graphic Design Theory: Readings from the Field (p. 45). New York: Princeton Architectural Press.

Byrne, C. (2004). An Introduction to Typography for Students of Graphic Design. In S. Heller (Ed.), The Education of a Typographer (p. 2). New York: Allworth Press.

Cullen, K. (2012). Design Elements: Typography Fundamentals. Massachusetts: Rockport.

Demirbas, O. O., & Demirkan, H. (2007). Learning styles of design students and the relationship of academic performance and gender in design education. Learning and Instruction, 17(3), 345–359. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.02.007

Fawns, T. (2019). Postdigital Education in Design and Practice. Postdigital Science and Education, 1(1), 132–145. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1007/s42438-018-0021-8

Hananto, B. A. (2018). Melihat Keseimbangan Visual Dalam Tipografi (Studi Kasus Karya Desain Logotype Pada Mata Kuliah Tipografi Dasar). Jurnal Titik Imaji, 1(2), 76–82.

Hananto, B. A. (2019a). Klasifikasi dan Taksonomi dari Eksplorasi Visual Untuk Merancang Monogram. Jurnal Dimensi DKV, 4(1).

Hananto, B. A. (2019b). Tinjauan Karya Desain Poster Quotes dalam Mata Kuliah Tipografi Dasar. Jurnal Desain, 6(3), 195–206.

Hananto, B. A. (2020a). Alphabet Visual Form Combination Through Anatomy And Structural Analysis. International Proceeding Conference on Multimedia, Architecture & Design (IMADe), 1(October), 329–334. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/imade/article/view/402/296

Hananto, B. A. (2020b). Explorations of design by digital & remote education. International Proceeding Conference on Multimedia, Architecture & Design (IMADe), 1(October), 315–321. Retrieved from http://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/imade

Hananto, B. A. (2020c). Pembelajaran Kontras Dalam Tipografi Melalui Studi Komposisional. Jurnal Gestalt, 2(1), 59–74. Retrieved from http://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/56/40

Hananto, B. A. (2020d). Tinjauan Latihan Klasifikasi Desain Monogram. Jurnal Titik Imaji, 3(Maret), 1–11. Retrieved from https://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/article/view/2112/1724

Harkins, M. (2010). Basics Typography 02: Using Type. Switzerland: AVA Publishing.

Instructional Strategies for Online Courses. (n.d.). Retrieved April 10, 2020, from University of Illinois Springfield website: https://www.uis.edu/ion/resources/tutorials/pedagogy/instructional-strategies-for-online-courses/

Kurikulum Operasional 2016 Program Studi Desain Komunikasi Visual (1st ed.). (2016). Tangerang: Universitas Pelita Harapan.

Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions (4th ed.). Boston: Wadsworth Cengage Learning.

Linney, S. (2020). How Universities are Embracing Online Learning During the Coronavirus Outbreak. Retrieved May 7, 2020, from QS website: https://www.qs.com/how-universities-are-embracing-online-learning-during-the-coronavirus-outbreak/

Lupton, E. (2004). Thinking With Type: A Critical Guide for Designers, Writers, Editors & Students (M. Lamster, Ed.). https://doi.org/1-56898-448-0

Martin, B., & Hanington, B. (2012). Universal Methods of Design: 100 Ways to Research Complex Problems, Develop Innovative Ideas, and Design Effective Solutions. Massachusetts: Rockport Publisher.

Samara, T. (2011). Typography Workbook: A Real-World Guide to Using Type in Graphic Design. Massachusetts: Rockport.

Solomon, M. (1994). The Art of Typography: An Introduction to Typo.icon.ography (2nd Editio). New York: Art Direction Book Company.

Sukardi, H. M. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya (3rd ed.; F. Hutari, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Tomar, D. A. (2018). Synchronous Learning vs. Aynchronous Learning in Online Education. Retrieved April 10, 2020, from The Best Schools website: https://thebestschools.org/magazine/synchronous-vs-asynchronous-education/

Wrigley, C., Mosely, G., & Tomitsch, M. (2018). Design Thinking Education : A Comparison of Massive Open Online Courses. She Ji: The Journal of Design, Economics, and Innovation, 4(3), 275–292. https://doi.org/10.1016/j.sheji.2018.06.002




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v4i1.2754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.