VISUALISASI KEMASAN KERIPIK PISANG ANEKA SEBAGAI KULINER KHAS LAMPUNG

Syarip Hidayat, Khairunisa Baby Setiawan

Abstract


Lampung merupakan provinsi yang terletak di ujung timur pulau Sumatera. Lampung juga dilalui oleh jalur lintas Sumatera yang memiliki efek langsung terhadap perekonomian masyarakat dan memudahkan pendatang untuk berkunjung ke Lampung.  Hal ini membuat Lampung kerap dikunjungi oleh wisatawan dari luar wilayah Lampung sendiri. Hal yang menarik dari Lampung yaitu wisata pantainya yang diminati oleh wisatawan domestik dan asing. Wisatawan juga melakukan wisata kuliner yang dijadikan sebagai oleh-oleh untuk mereka bawa pulang. Kuliner khas Lampung yang paling diminati adalah keripik pisang. Kuliner khas Lampung memiliki potensi untuk menLampung merupakan provinsi yang terletak di ujung timur pulau Sumatera. Lampung juga dilalui oleh jalur lintas Sumatera yang memiliki efek langsung terhadap perekonomian masyarakat dan memudahkan pendatang untuk berkunjung ke Lampung.  Hal ini membuat Lampung kerap dikunjungi oleh wisatawan dari luar wilayah Lampung sendiri. Hal yang menarik dari Lampung yaitu wisata pantainya yang diminati oleh wisatawan domestik dan asing. Wisatawan juga melakukan wisata kuliner yang dijadikan sebagai oleh-oleh untuk mereka bawa pulang. Kuliner khas Lampung yang paling diminati adalah keripik pisang. Kuliner khas Lampung memiliki potensi untuk menjadi daya tarik wisata. Lampung memiliki tiga komoditas unggulan seperti perkebunan, pertanian, dan perikanan. Keripik pisang merupakan hasil dari salah satu komoditas unggulan Lampung yaitu perkebunan. Pisang dibudidayakan dengan sistem perkebunan rakyat dan dapat dijadikan salah satu bisnis utama. Namun sayangnya, produsen keripik pisang Lampung yaitu Aneka belum menyertakan visualisasi kekhasan Lampung pada kemasan produk mereka. Maka dari itu, visualisasi kekhasan Lampung pada kemasan memang dibutuhkan agar keripik pisang Aneka semakin dikenal oleh masyarakat sebagai bagian dari kuliner khas Lampung. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data seperti observasi langsung, wawancara, dan studi pustaka. Visualisasi kemasan ini bermanfaat agar kekhasan Lampung dapat tervisualisasikan dalam kemasan. Sehingga masyarakat bisa lebih mengetahui bahwa produk tersebut berasal dari Lampung.jadi daya tarik wisata. Lampung memiliki tiga komoditas unggulan seperti perkebunan, pertanian, dan perikanan. Keripik pisang merupakan hasil dari salah satu komoditas unggulan Lampung yaitu perkebunan. Pisang dibudidayakan dengan sistem perkebunan rakyat dan dapat dijadikan salah satu bisnis utama. Namun sayangnya, produsen keripik pisang Lampung yaitu Aneka belum menyertakan visualisasi kekhasan Lampung pada kemasan produk mereka. Maka dari itu, visualisasi kekhasan Lampung pada kemasan memang dibutuhkan agar keripik pisang Aneka semakin dikenal oleh masyarakat sebagai bagian dari kuliner khas Lampung. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data seperti observasi langsung, wawancara, dan studi pustaka. Visualisasi kemasan ini bermanfaat agar kekhasan Lampung dapat tervisualisasikan dalam kemasan. Sehingga masyarakat bisa lebih mengetahui bahwa produk tersebut berasal dari Lampung.

 

Kata kunci: Lampung, Kuliner, Keripik Pisang, Kemasan


Full Text:

PDF

References


Erlyana, Y., & Nadya, N. 2018. Analisis Desain Kemasan Mi Instan Edisi Khusus Indomie Tempo Doloe. Titik Imaji, 1(1).

Haiqal, M. K., & Hidayat, S. 2017. Penerapan Identitas Visual pada Media Promosi Website Wisata Kerajinan Rajapolah. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 182-199.

Julianti, Sri. 2014. Art of Packaging Design: Mengenal Metode, Teknik, dan Strategi Pengemasan Produk untuk Branding Dengan Hasil Maksimal. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sarwono, Jonathan dan Hary. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sumber Lainnya:

Andi Nur Aminah. 2017. Sri Mulyani Sebut Tol Trans Sumatera Dongkrak Perekonomian. www.republika.co.id

Versi online: JURNAL TITIK IMAJI http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/ Volume 1 Nomor 2: 68-75, Oktober 2018 Hasil Penelitian p-ISSN: 2620-4940 e-ISSN: 2621-2749

Jurnal Titik Imaji | 75

/berita/ekonomi/makro/17/12/27/p1 ma4i384-sri-mulyani-sebut-tol-trans -sumatera-dongkrak-perekonomian (diakses 21 Maret 2018).

Bagus Prihantoro Nugroho. 2017. Jokowi Ingin Tingginya Ekonomi Lampung Berefek ke Orang Miskin. https://finance.detik.com/beritaekonomi-bisnis/d-3439142/jokowiingin-tingginya-ekonomi-lampungberefek-ke-orang-miskin (diakses 19 Mei 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v1i2.1408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.