PENEGAKKAN PRINSIP JURNALISTIK DALAM PEMBERITAAN TELEVISI DI INDONESIA (Analisis Isi Program Berita Pagi di RCTI, TVone Dan MetroTV)

Indah Suryawati, Ica Wulansari

Abstract


Broadcasting regulation has an important role in controlling broadcasting program. Todays, Television channels are competing to produce attractive programs. News programs become their priority. Consequently, they are required to cover any news accurately and rapidly. News productions are required to be aligned with Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standard Program Siaran (P3-SPS) as regulated by KPI. The research method used content analysis. The research is aimed to identify messages transferred by
the TV programs. The analysis has been associated with visual, narrative and journalistic aspects on news program in RCTI, TVOne and Metro TV.

Keywords: Content analysis, News Program, P3-SPS, Televison


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro & Lukiati Komala Erdinaya, 2005, Komunikasi Massa : Suatu Pengantar, Bandung, Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto Elvinaro & Bambang Q-Anees, 2007, Filsafat Ilmu Komunikasi, Bandung, Simbiosa Rekatama Media.

Assegaf, Dja’far G., 1991, Jurnalistik Masa Kini, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Bungin, Burhan, 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta, Rajawali Pers.

Bungin, Burhan, 2005, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Jakarta, Kencana.

Effendy, Onong Uchjana, 2001, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung, PT. Citra Aditya Bakti.

Eriyanto, 2011, Analisis Isi : Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Jakarta, Kencana Prenada Media.

Gunadi, Y.S., 1998, Himpunan Istilah Komunikasi, Jakarta, PT. Grasindo.

Ishak, Aswad, dkk, 2011, Mix Methodology Dalam Penelitian Komunikasi (Dilengkapi Dengan Aplikasi Metode Penelitian), Jakarta, Aspikom.

Junus, Syarifudin, 2010, Jurnalistik Terapan, Bogor, Ghalia Indonesia.

Krippendorff, Klaus, 1980, Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi, Jakarta, Rajawali Pers.

Littlejohn, Stephen W. & Karen A Foss, 2005, Theories of Human Communication, Wadsworth, Thomson.

McQuail, Denis, 2005, Mass Communication Theory, London, Sage Publications

Muda, Deddy Iskandar, 2003, Jurnalistik Televisi, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Morissan, 2008, Jurnalistik Televisi Mutakhir, Jakarta, Kencana.

Morissan, 2009, Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Rachmat Kriyantono, 2006, Riset Komunikasi, Jakarta, Kencana Prenada Media.

Santana, K, Septiawan, 2005, Jurnalisme Kontemporer. Jakarta, Yayasan Obor.

Sumadiria, AS Haris, 2005, Jurnalistik Indonesia, Bandung, Simbiosa Rekatama Media.

Suparmoko, M., 2007, Metode penelitian Praktis (Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Ekonomi dan Bisnis), Yogyakarta, BPFE.

Suryawati, Indah, 2011, Jurnalistik Suatu Pengantar: Teori dan Praktik, Bogor, Ghalia Indonesia.

Vera, Nawiroh, 2008, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Renata Pratama Media.

Wahyudi, J.B., 1986, Media Komunikasi Massa Televisi, Bandung, Alumni.

Sumber lain :

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, 1995, Balai Pustaka, Jakarta.

Kode Etik Jurnalistik (KEJ) PWI

Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI)

Undang-undang No 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran

Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 02/P/KPI/2009 Tentang Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 03/P/KPI/12/2009 Tentang Standar Program Siaran (SPS)

http://polres.multiply.com/journal/item/9/paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v7i1.971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id