Representasi Budaya Memasak Instan Pada Masyarakat Urban Dalam Iklan Visual Sasa

Nur Anisah Fadia, Guruh Ramdani, Elsa Anastasya Wijaya, Luthfi Raihan Mahdi, Rifa Tuljanah, Trya Andina Ramadhani

Abstract


Gaya hidup instan semakin berkembang seiring dengan meningkatnya urbanisasi dan kesibukan masyarakat modern. Studi ini menganalisis representasi budaya memasak instan dalam iklan produk Sasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika melalui kategori indeks, ikon, dan simbol, serta dilengkapi dengan tinjauan pustaka. Objek penelitian difokuskan pada iklan “Bumbu Praktis Sasa Melezatkan”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan produk terbaru Sasa direpresentasikan sebagai solusi praktis dan efisien bagi ibu rumah tangga dan masyarakat urban yang sibuk. Iklan ini menekankan kemudahan dalam proses memasak, pengurangan beban kerja di dapur, pemeliharaan kebersihan dan estetika, serta pemberian ruang untuk waktu luang. Selain itu, iklan ini juga berupaya mengubah paradigma bahwa memasak bukanlah semata-mata tugas ibu rumah tangga, melainkan aktivitas yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Melalui representasi tersebut, Sasa memosisikan diri sebagai simbol gaya hidup modern kelas menengah yang mengutamakan efisiensi, kepraktisan, kebersihan, dan estetika. Produk ini tidak hanya menawarkan kemudahan, tetapi juga: (1) membangkitkan kedekatan emosional melalui citra masakan rumahan yang dirindukan; (2) membangun imajinasi tentang kebersamaan keluarga dan ruang domestik yang hangat serta cair; (3) mengartikulasikan perubahan paradigma sosial terkait pembagian peran domestik, dengan menekankan bahwa aktivitas memasak kini dapat dilakukan oleh siapa saja, dibantu oleh kehadiran produk instan.

Keywords


Iklan; budaya; instan; semiotika; bumbu masak

Full Text:

PDF

References


Amri A, Susanto R, Wibowo T. Tren instanisasi konsumsi di Indonesia: adaptasi pasar ritel terhadap perubahan gaya hidup. J Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 2023;12(1):45-58.

Aprilia I, Jastisia I, Masnuna M. Pola hidup masyarakat berdasarkan wilayah tempat tinggal dalam iklan Sasa Anime Series x Harousel - Sasa hadirkan rasa untuk Indonesia. 2022;204–10.

Badan Pusat Statistik. Statistik ketenagakerjaan Indonesia: Agustus 2024. Jakarta: BPS; 2024.

Badan Pusat Statistik. Tingkat urbanisasi di Indonesia dan proyeksinya hingga 2035. Jakarta: BPS; 2020.

Darwis A. Pengaruh faktor geografis terhadap keanekaragaman kuliner Indonesia. J Pariwisata dan Budaya. 2022;9(2):112-24.

Dewantara PD. Analisis efisiensi dan skala ekonomi pada industri bumbu masak di Indonesia. J Ekonomi dan Manajemen. 2018;15(3):77-92.

Iffathurjannah N, Harti R. Preferensi konsumen terhadap bumbu penyedap instan berbasis cita rasa tradisional di Indonesia. J Riset Pangan dan Gizi. 2021;10(1):34-49.

Jakpat. Laporan survei: tren pengeluaran masyarakat Indonesia untuk konsumsi makanan di luar rumah. Jakarta: Jakpat Research; 2024.

Kementerian Perindustrian Indonesia. Perkembangan industri bumbu instan di Indonesia periode 2007-2010. Jakarta: Kemenperin; 2010.

Lestari PI, Nugraha D, Sari M. Pengaruh kualitas bumbu dasar instan dan sambal instan terhadap kepuasan konsumen industri jasa boga dan rumah tangga di Kota Bandung. J Pemasaran dan Perilaku Konsumen. 2017;8(2):99-112.

Lestari R, Wulandari A, Prasetyo Y. Cita rasa autentik dan loyalitas konsumen dalam industri bumbu instan di Indonesia. J Manajemen Pangan. 2023;11(4):211-25.

M.Hum. DS, S.S. F. Struktur Iklan dalam Bahasa Indonesia. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya. 2012 Mar;2(1):1-10.

Nabila S, Fadillah R, Ramadhan T. Digitalisasi dan perubahan pola konsumsi masyarakat terhadap produk makanan instan. J Teknologi dan Masyarakat. 2023;14(3):88-102.

Prasetyo R, Prabowo Y. Pengaruh tagline dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian: studi kasus pada produk makanan. J Lingua Susastra. 2022;3(2):106-14.

Puspitasari DR. Nilai sosial budaya dalam film Tilik (kajian semiotika Charles Sanders Pierce). Semiotika: Jurnal Komunikasi. 2021;15(1).

Putri S. Gaya hidup dan perubahan pola konsumsi masyarakat Indonesia: studi kasus perkotaan. J Sosial Ekonomi. 2022;17(1):59-74.

Rezaeinejad I. Impact online marketing strategies on improving the status of businesses in the COVID-19 situation in Iran. Asian Basic Appl Res J. 2021;4(2):549.

Sihite D. Efisiensi waktu dan konsumsi makanan instan di era modern. J Gaya Hidup dan Konsumsi. 2022;6(2):120-35.

Sofyan M. Pengaruh rempah-rempah terhadap keunikan rasa masakan Nusantara. J Kuliner dan Budaya. 2020;5(1):32-47.

Utami R. Budaya kuliner dan preferensi konsumsi masyarakat Indonesia. J Antropologi dan Makanan. 2018;9(3):65-80.

Weichart L. The social and cultural significance of food: a global perspective. New York: Routledge; 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v19i1.8207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nur Anisah Fadia, Guruh Ramdani, Elsa Anastasya Wijaya, Luthfi Raihan Mahdi, Rifa Tuljanah, Trya Andina Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id