Representasi Budaya Memasak Instan Pada Masyarakat Urban Dalam Iklan Visual Sasa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri A, Susanto R, Wibowo T. Tren instanisasi konsumsi di Indonesia: adaptasi pasar ritel terhadap perubahan gaya hidup. J Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 2023;12(1):45-58.
Aprilia I, Jastisia I, Masnuna M. Pola hidup masyarakat berdasarkan wilayah tempat tinggal dalam iklan Sasa Anime Series x Harousel - Sasa hadirkan rasa untuk Indonesia. 2022;204–10.
Badan Pusat Statistik. Statistik ketenagakerjaan Indonesia: Agustus 2024. Jakarta: BPS; 2024.
Badan Pusat Statistik. Tingkat urbanisasi di Indonesia dan proyeksinya hingga 2035. Jakarta: BPS; 2020.
Darwis A. Pengaruh faktor geografis terhadap keanekaragaman kuliner Indonesia. J Pariwisata dan Budaya. 2022;9(2):112-24.
Dewantara PD. Analisis efisiensi dan skala ekonomi pada industri bumbu masak di Indonesia. J Ekonomi dan Manajemen. 2018;15(3):77-92.
Iffathurjannah N, Harti R. Preferensi konsumen terhadap bumbu penyedap instan berbasis cita rasa tradisional di Indonesia. J Riset Pangan dan Gizi. 2021;10(1):34-49.
Jakpat. Laporan survei: tren pengeluaran masyarakat Indonesia untuk konsumsi makanan di luar rumah. Jakarta: Jakpat Research; 2024.
Kementerian Perindustrian Indonesia. Perkembangan industri bumbu instan di Indonesia periode 2007-2010. Jakarta: Kemenperin; 2010.
Lestari PI, Nugraha D, Sari M. Pengaruh kualitas bumbu dasar instan dan sambal instan terhadap kepuasan konsumen industri jasa boga dan rumah tangga di Kota Bandung. J Pemasaran dan Perilaku Konsumen. 2017;8(2):99-112.
Lestari R, Wulandari A, Prasetyo Y. Cita rasa autentik dan loyalitas konsumen dalam industri bumbu instan di Indonesia. J Manajemen Pangan. 2023;11(4):211-25.
M.Hum. DS, S.S. F. Struktur Iklan dalam Bahasa Indonesia. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya. 2012 Mar;2(1):1-10.
Nabila S, Fadillah R, Ramadhan T. Digitalisasi dan perubahan pola konsumsi masyarakat terhadap produk makanan instan. J Teknologi dan Masyarakat. 2023;14(3):88-102.
Prasetyo R, Prabowo Y. Pengaruh tagline dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian: studi kasus pada produk makanan. J Lingua Susastra. 2022;3(2):106-14.
Puspitasari DR. Nilai sosial budaya dalam film Tilik (kajian semiotika Charles Sanders Pierce). Semiotika: Jurnal Komunikasi. 2021;15(1).
Putri S. Gaya hidup dan perubahan pola konsumsi masyarakat Indonesia: studi kasus perkotaan. J Sosial Ekonomi. 2022;17(1):59-74.
Rezaeinejad I. Impact online marketing strategies on improving the status of businesses in the COVID-19 situation in Iran. Asian Basic Appl Res J. 2021;4(2):549.
Sihite D. Efisiensi waktu dan konsumsi makanan instan di era modern. J Gaya Hidup dan Konsumsi. 2022;6(2):120-35.
Sofyan M. Pengaruh rempah-rempah terhadap keunikan rasa masakan Nusantara. J Kuliner dan Budaya. 2020;5(1):32-47.
Utami R. Budaya kuliner dan preferensi konsumsi masyarakat Indonesia. J Antropologi dan Makanan. 2018;9(3):65-80.
Weichart L. The social and cultural significance of food: a global perspective. New York: Routledge; 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v19i1.8207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Anisah Fadia, Guruh Ramdani, Elsa Anastasya Wijaya, Luthfi Raihan Mahdi, Rifa Tuljanah, Trya Andina Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher
Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2, North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id