REPRESENTASI WANITA KARIR DALAM WEB SERIES MENDUA

Mira Yulita, Rinta Arina Manasikana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi wanita karir dalam web series “Mendua” dan menggambarkan kompleksitas kehidupan mereka dalam menyeimbangkan tuntutan pekerjaan dan keluarga. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotik Roland Barthes, studi ini menemukan bahwa “Mendua” berhasil menyajikan dilema dan tekanan yang dihadapi wanita karir dalam mencapai kesuksesan profesional dan menjalankan peran sebagai istri serta ibu. Web series ini menampilkan potret realitas kehidupan wanita karir di Indonesia dan mengangkat isu budaya patriarki yang masih kuat. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kompleksitas kehidupan wanita karir dan tekanan sosial yang mereka hadapi. Temuan ini memberikan wawasan penting terkait representasi wanita karir dalam media dan berkontribusi pada diskusi mengenai kesetaraan gender serta pemberdayaan wanita di Indonesia.

 


Keywords


Budaya Patriarki; Representasi; Roland barthes; Semiotik Analisis; Wanita Karir; Web Series.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. (2022). Analisis Makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos dalam Potongan Scene Film. Jurnal Komunikasi, 10(2), 115-125.

Ardiani, P. R. C. (2022). the world of married. 1997, 1–6.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.

Barthes, R. (1988). The Semiotic Challenge. Hill and Wang.

Dwidienawati, D., & Abdinagoro, S. B. (2020). Work-Life Balance of Career Women in Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 592-599.

Handayani, R., & Novianti, N. (2019). Peran Gender dalam Keluarga: Studi Fenomenologi pada Wanita Bekerja. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 12(1), 14-25.

Hidayati, N. (2021). Representasi Wanita Karier dalam Budaya Patriarki di Indonesia. Jurnal Kajian Budaya, 11(2), 123-145.

Hooks, b. (2015). Feminist Theory: From Margin to Center. Routledge.

Hurlimann, M. D. (2007). wanita karir. Combustion Science and Technology, 21(5–6), 1–49. https://doi.org/10.1080/00102208008946937

Israpil, I. (2017). Budaya Patriarki dan Kekerasan Terhadap Perempuan (Sejarah dan Perkembangannya). Pusaka, 5(2), 141–150. https://doi.org/10.31969/pusaka.v5i2.176

Kusuma, A. B., & Indrayani, L. (2023). Komunikasi Interpersonal dan Kolaborasi Karyawan sebagai Kunci Keberhasilan Organisasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 18(1), 87-101.

Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika Dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 125–138. https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.125-138

Pratiwi, M. P., & Hartoyo, H. (2021). Negosiasi Identitas Perempuan Pekerja Profesional: Studi Kasus pada Perempuan Bekerja di Kota Bogor. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(2), 243-260.

Rohmadi, N., & Nurcahyo, A. (2022). Representasi Wanita Karier dalam Media Visual: Antara Mitos dan Realitas. Jurnal Komunikasi, 14(2), 123-138.

Rokhmansyah, A. (2013). Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Garudhawaca.

Sari, D. P., & Rahmawati, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Warna dalam Desain Interior Kantor terhadap Persepsi Karyawan. Jurnal Desain Interior, 6(1), 45-56.

Sigit Surahman. (2014). Representasi Perempuan Metropolitan Dalam Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita. Jurnal Komunikasi, 3(1), 154. www.iom.int,

Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi.

Wibisono, P., & Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 30–43.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v18i2.5656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mira Yulita, Rinta Arina Manasikana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id