MEMBEDAH WUJUD TOXIC MASCULINITY DALAM SERIAL TELEVISI ‘EUPHORIA’ (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE)

Thirza Nathania Toni, Silvanus Alvin

Abstract


Gender (feminitas dan maskulinitas) merupakan salah satu konstruk sosial yang representasinya sering kali muncul pada media massa. Maskulinitas sering direpresentasikan melalui perilaku yang dominan, tangguh dan tidak jarang dikaitkan pada berbagai aksi kekerasan dan atau pelecehan. Ide maskulinitas yang kaku dan berlebihan dapat disebut sebagai toxic masculinity. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa representasi toxic masculinity dalam musim pertama serial televisi Euphoria yang direpresentasikan oleh karakter Nate Jacobs. Peneliti mengupas representasi melalui semiotika yang dikembangkan oleh John Fiske, yang dibagi menjadi level realitas, level representasi dan level idelogi. Ditemukan bahwa karakteristik toxic masculinity yang paling sering muncul adalah misogini, agresi dan kontrol, kejauhan emosional, hingga kekerasan fisik sebagai bentuk dominasi dan penyelesaian masalah.


Keywords


John Fiske; Semiotika; Serial TV; Toxic Masculinity

Full Text:

PDF

References


Alvin, S. (2020). Merek Destinasi Wisata dalam Situs Dinas Pariwisata NTT: Analisis Semiotika Pemasaran Laura Oswald. Proceeding National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development, 794-810.

Connell, R. (2014). The study of masculinities. Qualitative Research Journal, 14(1), 5–15. https://doi.org/10.1108/QRJ-03-2014-0006

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. (Fifth Edition). SAGE.

Fadilah, J., Andriana, D., & Bina Sarana Informatika, U. (2021). Representasi Maskulinitas Tokoh Lelaki Dalam Film Susah Sinyal. Journal Komunikasi, 12(2). https://doi.org/10.31294/jkom

Fauziah, D., Puspita, R., & Nurhayati, I. K. (2018). ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE MENGENAI REALITAS BIAS GENDER PADA IKLAN KISAH RAMADHAN LINE VERSI ADZAN AYAH (Vol. 2, Issue 2).

Fiske, J. (2011). Television Culture (Second edition). Routledge.

Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Ketiga).

Flood, M. (2022, September 22). “Toxic masculinity”: what does it mean, where did it come from – and is the term useful or harmful? The Conversation. https://theconversation.com/toxic-masculinity-what-does-it-mean-where-did-it-come-from-and-is-the-term-useful-or-harmful-189298

Hapsari, M. P. (2020). REPRESENTASI BIBLIOTERAPI DALAM SERIAL TELEVISI WHEN CALLS THE HEART. Representasi Bibliografi Dalam Serial Televisi, 10(1), 30–32. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2018/04/gom_booklet2018.pdf

Harigelita, D., Tri Rahadian, B., Darmawan, H., Realitas Gen, M., HARIGELITA Sekolah Pascasarjana, D., Kesenian Jakarta, I., TRI RAHADIAN Fakultas Seni Rupa dan Desain, B., & DARMAWAN Dewan Kesenian Jakarta, H. (2021). Mempertanyakan Realitas Gen Z Dalam Episode Pilot Serial TV HBO “Euphoria.” Jurnal Seni Urban.

Heilman, B., Barker, G., & Harrison, A. (2017). THE MAN BOX. https://static1.squarespace.com/static/5d77e56c1fc5e024160affa9/t/5fdfbe488afbbc27177c356a/1608498762666/TheManBox-Full-EN-Final-29.03.2017-POSTPRINT.v3-web.pdf

Jufanny, D., & Girsang, L. R. (2020). TOXIC MASCULINITY DALAM SISTEM PATRIARKI (Analisis Wacana Kritis Van Dijk Dalam Film “Posesif”). 14(1). http://journal.ubm.ac.id/

Kumari, A., & Joshi, H. (2015). Gender Stereotyped Portrayal of Women in the Media: Perception and Impact on Adolescent. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS, 20, 44. https://doi.org/10.9790/0837-20424452

Kupers, T. A. (2005). Toxic masculinity as a barrier to mental health treatment in prison. Journal of Clinical Psychology, 61(6), 713–724. https://doi.org/10.1002/jclp.20105

Maas, J. (2022, February 28). “Euphoria” Is HBO’s Second-Most Watched Show Next to “Game of Thrones” - Variety. https://variety.com/2022/tv/news/euphoria-season-2-finale-ratings-1235192015/

Murphy, P. F. (1992). Feminism and Masculinities (Oxford Readings in Feminism).

R.W. Connell. (2005). MASCULINITIES (Second Edition).

Sweetman, C., & Falabella, G. G. (1997). Men and Masculinity Oxfam Focus on Gender. http://www.tandf.co.uk

Television Academy. (2022). Euphoria Awards & Nominations. Television Academy. https://www.emmys.com/shows/euphoria

Wahyu Wibowo, I. S. (2013). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi (Edisi Kedua).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v18i1.5369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Thirza Nathania Toni, Silvanus Alvin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id