REPRESENTASI BATIK MOTIF BUNGA DALAM DESAIN KEMASAN PRODUK “MATTE VELVET LIPSTICK”

aisyah chairini

Abstract


“Batik” merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Batik atau yang berarti meneteskan tinta dengan canting sehingga membentuk coretan yang terdiri dari susunan titik-titik dan goresan ini sering dijumpai pada produk kain atau pakaian. Berbeda halnya dengan unsur “batik” dalam sebuah kemasan produk kecantikan saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui makna dan pesan dari penggunaan “batik” motif bunga dalam sebuah produk kecantintikan yang identik dengan pemakian para wanita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengaplikasikan pada teori semiotika Roland Barthes. Peneliti memilih desain kemasan lipstick matte velvet yang diluncurkan pada tahun pada sebuah produk kecantikan untuk dijadikan objek penelitian. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemaknaan bertingkat melalui teori semiotika Barthes, yaitu melalui makna denotasi, konotasi, dan mitos. Teridentifikasi penanda dan petanda yang merepresentasikan “batik” dari warisan budaya Indonesia yang diimplementasikan dalam produk kecantikan. Motif bunga dipilih dalam motif desain kemasan dengan warna-warna cerah yang merepresentasikan tanda-tanda sebuah produk kecantikan.

 

Kata Kunci: Representasi, Motif Bunga, Kemasan, Produk Kecantikan, Semiotika


Keywords


Representasi, Motif Bunga, Kemasan, Produk Kecantikan, Semiotika

Full Text:

PDF

References


Anas, B. (1997). Indonesia Indah: Batik. Yayasan Harapan Kita.

Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, A., & Singgih. (2016). Karakteristik Motif Batik Kendal Interpretasi dari Wilayah dan Letak Geografis. In Jurnal (Vol. 1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi

Premiere Beaute. (2021). Premiere Beaute Batik Series. https://diary.marshabeauty.com/beauty_article/cinta-indonesia-dengan-makeup-batik-yang-bikin-wajah-makin-cantik-dari-premiere-beaute-batik-series/

Putra, A. P. (2014). Pengaruh Kemasan Produk Makanan Ringan Merek Oishi “Pillows” Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Shimp. (2011). Advertising Proportion and Other Aspect of Integrated Marketing Communication. Cengange Learning.

Wulandari, & Ari. (2011). Batik Nusantara Makna Filosofis, Cara Pembuatan dan Industri Batik. Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v17i2.4619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 aisyah chairini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id