KREDIBILITAS PEMBERITAAN MEDIA VICE INDONESIA

Veki Edizon Tuhana

Abstract


Pentingnya nilai kredibilitas diterapkan oleh media online dalam setiap pemberitaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kredibilitas pemberitaan media Vice Indonesia dalam dimensi accuracy, dimensi believability, dimensi bias dan dimensi completeness. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan analisis isi berita dengan pendekatan teknik filling system. Untuk teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini berfokus pada enam pemberitaan pada media vice.com/id selama periode 12 Januari – 28 Maret 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberitaan pada media vice.com/id dalam dimensi acuraccy, pada berita pertama, ketiga dan keempat terdapat kesalahan penulisan berita sehingga tidak memenuhi unsur dimensi accuracy. Sedangkan berita kedua, kelima dan keenam sudah memehuni unsur dimensi accuracy. Pemberitaan media vice.com/id pada keenam berita yang dianalisis sudah memenuhi dimensi believability, dengan mencantumkan kutipan hasil wawancara serta sumber informasi dari informan expert, juga tidak ditemukan unsur-unsur opinionative dalam berita. Pemberitaan pada media vice.com/id dalam dimensi bias, pada berita pertama, ketiga, keempat, kelima dan keenam tidak memenuhi dimensi bias karena hanya memberitakan dari satu sudut pandang berita. Sedangkan pada berita kedua dalam pemberitaannya mengambil dari dua sudut pandang berbeda. Pemberitaan pada media vice.com/id dalam dimensi completeness, dari keenam berita yang dianalisis secara keseluruhan telah memenuhi unsur-unsur kelengkapan berita yakni 5W+1H.

Keywords


Kredibilitas Media; Media Online; Vice Indonesia

Full Text:

PDF

References


Al-Zastrouw. 2000. Kredibilitas Pemberitaan Virus Covid 19 Di Media Online Republika.Co.Id. Yogyakarta: Kajian dan Layanan Informasi untuk Kedaulatan Rakyat (KLIKR) untuk Garda Bangsa.

Alfi, Helsya Putri. 2021. “Kredibilitas Pemberitaan Virus Covid 19 Di Media Online Republika. Co. Id.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

APJII. 2022. “Laporan Survei Internet Indonesia APJII 2021-2022.”

Appelman, A., and S. Sundar. 2016. “Measuring Message Credibility: Scale Construction and Validation with News Articles.” Journalism & Mass Communication 59–79.

Bungin, Burhan. 2004. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

DeFleur, Melvin L., Werner J. Severin, James W. Tankard Jr, Clifford G. Christians, Mark Fackler, Kathy Brittain McKee, Peggy J. Kreshel, Robert H. Woods Jr, John R. Baldwin, and Stephen D. Perry. 2012. “Basics in Communication and Media Studies.”

Eriyanto. 2011. Analisis Isi Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Flanagin, Andrew J., and Miriam J. Metzger. 2013. Credibility and Trust of Information in Online Environments: The Use of Cognitive Heuristics. California: University of California.

Griffin, E. M. 2006. A First Look at Communication Theory. McGraw-hill.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Mayer, R., and G. Ernest. 1984. Rancangan Penelitian Kebijaksanaan Sosial. Jakarta: Rajawali.

McQuail, Denis. 1991. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. 2nd ed. edited by A. Dharmawan and Amiruddin. Yogyakarta: Erlangga.

Mulyana, Deddy. 2008. “Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya.” Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuzula, V. F. 2019. “Kredibilitas Portal Media Online Dalam Pemberitaan Peristiwa Hoaks Pengeroyokan Ratna Sarumpaet (Analisis Isi Portal Berita Detik.Com Dan Tribunnews.Com Periode 2-8 Oktober 2018).” Universitas Muhammadiyah Malang.

Sartika, Elita. 2014. “Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral Dalam Film Berjudul ‘Kita Versus Korupsi.’” E-Journal Ilmu Komunikasi 2:63–77.

Sekali, Eioudia Induryna. 2018. “Kredibilitas Media Pada Portal Berita Online Liputan6 . Com Dan Portal Berita Online Berbasis Jurnalisme

Data Tirto . Id Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Ilmu Komunikasi Pada Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Oleh :” Universitas Brawijaya.

Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika, Dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Williamson, Dugald. 2011. “Book Review: McQuail’s Mass Communication Theory.” Media International Australia 139(1). doi: 10.1177/1329878x1113900136.

Winarko, Heri. 2000. Mendeteksi Bias Berita: Panduan Untuk Pemula. Yogyakarta: Kajian dan Layanan Informasi untuk Kedaulatan Rakyat (KLIKR) untuk Garda Bangsa.

Yunus, S. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v17i2.4615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Veki Edizon Tuhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id