Analisis Framing Berita Pelecehan Seksual di Komisi Penyiaran Indonesia Melalui Media Online

Totok Wahyu Abadi

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini untuk menungkap pembingkaian berita antara dua media berita online terpercaya atas kasus pelecehan seksual di KPI, jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan model analisis framing Robert N.Entman. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dalam mengonstruksi beritanya, cnnindonesia berfokus dalam menjelasakan kronologi yang dialami oleh korban pelecehan seksual, sedangkan dalam mengonstruksi beritanya, kompas.com lebih cenderung memuat berita terkait kepolisian dalam menangani kasus pelecehan seksual. Dapat disimpulkan bahwa dari penelitian dapat membuktikan bahwa setiap media memiliki sudut pandang yang berbeda dalam melihat sebuah peristiwa, hal itu ditunjukkan pada berita yang dipublikasikan dari kedua media kepada public terkait suatu kasus.

Keywords


Pembingkaian; Berita; Pelecehan Seksual; Media Massa.

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2022, June 16). Ini Merek Media yang Banyak Dipercaya Warga Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/ini-merek-media-yang-banyak-dipercaya-warga-indonesia

Eriyanto. (2002). Analisis framing: Konstruksi, ideologi, dan politik media. LKiS.

Fadilla, N. (2017). Unsur Layak Berita Pada Produk jurnalistik Rubrik Infotainment di Media Online. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35192

Ghania, A. S., & Lathifah, N. (2022). Pembingkaian Berita Polisi Menangani Kasus Kekerasan Seksual Anak Di Luwu Timur Pada Suara.com Dan Tirto.id. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(1), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2864/http

Handayani, T. (2016). Perlindungan dan Penegakan Hukum Terhadap Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Mimbar Justitia , 2(2), 826–838.

Indainanto, Y. I. (2020). Normalisasi Kekerasan Seksual Wanita di Media Online. Jurnal Komunikasi, 14(2), 105–118. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.6806

Krug, E. G., & World Health Organization. (2002). World report on violence and health. World Health Organization.

Kusumaningrat, H., & Kusumaningrat, P. (2006). Jurnalistik teori dan praktik. PT Remaja Rosda Karya. https://books.google.co.id/books?id=VvmYtQEACAAJ

McQuail, D. (2011). Teori komunikasi massa. Salemba Humanika.

Nurhadi, Z. F. (2015). Teori-teori komunikasi: teori komunikasi dalam perspektif penelitian kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Olyvia Rismanidia. (2017). Representasi Karakter “Si Udin” Pada Aplikasi LINE (Analisis Semiotika Stiker Si Udin dalam Aplikasi LINE).

Paradiaz, R., & Soponyono, E. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Pelecehan Seksual. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 4(1), 61–72.

Rossy, A. E., & Wahid, U. (2015). Analisi Isi Kekerasan Seksual Dalam Pemberitaan Media Online Detik.Com. Jurnal Komunikasi, 7(2), 152–164. www.komnasperempuan.or.id

Sitompul, A. H. (2015). Kajian Hukum Tentang Tindak Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Indonesia. Lex Crimen, 4(1), 46–53.

Suryani, L. L., & Setiawan, H. (2022). Analisis Framing Berita Mengenai Kasus Pelecehan Seksual Pada Media Online Suara.Com Dan Tribun News. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3686–3693.

Taliawo, R. G. (2021, October 11). Darurat Kekerasan Seksual. https://nasional.kompas.com/read/2021/10/11/05580251/darurat-kekerasan-seksual

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling : Pendekatan Praktis Untuk Peneliti Pemula dan Dilengkapi Dengan Contoh Transkrip Hasil Wawancara Serta Model Penyajian Data (4th ed., Vol. 15). Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v18i2.4436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Totok Wahyu Abadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id