Citra Caleg Perempuan dalam ‘Framing’ Media ‘Online’

Edo Isra Exmanda

Abstract


Abstrak. Menariknya, berita pemilu menyebutkan bahwa perempuan memiliki akses yang lebih sedikit ke dunia pada umumnya, karena persentase perempuan di media lebih sedikit, hampir setengahnya, dibandingkan laki-laki yang digunakan oleh media cetak nasional. Berdasarkan perbandingan posisi perempuan dan laki-laki dengan pengalaman, situasinya masih media belum bisa memberikan kesempatan yang sama dan setara untuk semua pekerjaan saat ini, terutama perempuan, untuk menjadi insan informasi utama. Banyak wanita hanya menonton. Ciri-ciri tersebut di atas terjadi karena adanya media khusus. Peneliti mengkaji analisis citra perempuan di media online Kompas.com dan Detik.com yang memuat berita tentang caleg perempuan peserta pemilu 2014 dengan menggunakan penelitian yang dilakukan oleh Robert N. Entman. Hasil kajian menunjukkan asosiasi Kompas.Com dan Detik.Com melaporkan isu pemberitaan terkait caleg perempuan yang dipaksa mencalonkan diri, yang umumnya mencakup orang-orang populer. Saat ini, artikel berita terkait caleg perempuan pada Pemilu 2014, peneliti umumnya mengklasifikasikannya ke dalam tiga kategori, yaitu citra fisik, citra populer, dan citra konflik. Pilihan etis yang dibuat oleh hasil telah terbukti ekonomis, politis, praktis, dan estetis. Keputusan tersebut mengisyaratkan bahwa caleg perempuan dapat menjadi politisi jika memenuhi persyaratan pengetahuan dan pendidikan, sisi spiritual, sisi ekonomi, dan peran umum dalam politik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v17i1.4011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id