ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN MCDONALD’S INDONESIA VERSI “McDelivery Lakukan Pengantaran Tanpa Kontak Langsung”

Aquilla Erlangga

Abstract


Dengan menganalisa ‘Iklan Mcdelivery Lakukan Pengantaran Tanpa Kontak Langsung’ menggunakan semiotika, saya ingin mengetahui makna yang terkandung pada iklan tersebut. Dalam penelitian ini saya selaku peniliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penelitian pustaka dan menganalisisnya menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure. Dapat diketahui bahwa banyak sekali makna secara tersirat yang terdapat dalam iklan tersebut, Iklan “McDelivery Lakukan Pengantaran Tanpa Kontak Langsung” ingin memberikan gambaran atau pesan kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran COVID-19 yang dilakukan oleh pihak McDonald’s dengan cara mengirimkan atau mengantar makanan tanpa kontak langsung guna mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, agar tidak ragu dan yakin saat mengkonsumsi produk dari McDonald’s.

Kata Kunci: Ferdinand De Saussure, Semiotika, Pemaknaan Iklan


Keywords


Ferdinand De Saussure, Semiotika, Pemaknaan Ikla

Full Text:

PDF

References


Universitas Al-Azhar Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v16i2.3619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aquilla Erlangga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id