REPRESENTASI PENCARIAN MAKNA DIRI PADA FILM SOUL 2020 (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)

Rizki Rahman Maulana, Ika Rifa Dilla, Meisya Ariandra Fasha

Abstract


Penelitian ini berjudul Representasi Pencarian Makna Diri pada film Soul 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tokoh Joe Gardner mempresentasikan perjuangannya untuk menggapai cita-cita sebagai seorang musisi. Karena film merupakan alat untuk menyampaikan pesan kepada khalayak melalui suatu media cerita. Film adalah sebuah peristiwa komunikasi massa.  Film juga memiliki kemampuan mengantar pesan yang tersirat dengan melalui gambar-gambarnya. Untuk dapat menyampaikan pesan pada film secara mendalam maka, suatu penelitian dibuat. Peneltian ini menggunakan metode kulitatif bersifat deskriptif dan kuantitatif berdasarkan Teori Semiotika Charles Sanders Pierce. Peneliti akan memilih setiap potongan scene secara teliti yang menggambarkan tentang adanya makna diri seseorang. Kemudian akan dianalisis tentang makna diri melalui  tanda (sign), object, dan interpretant yang terdapat dalam film Soul 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa hasil data kuisioner dengan pupulasi sebanyak 14 orang.  Peneliti mengambil  5 scene untuk dianalisis, dengan hasil yang diperoleh peneliti Tokoh Joe Gardner mempresentasikan makna diri yang dialami dalam dirinya didalam hidupnya. Joe Gardner telah menggambarkan adanya makna diri digambarkan object melalui arwah, kucing, pintu, lencana, dan gambar kehidupan. Kemudian, 92,2% responden dari 14 orang mengatakan ada makna, dan 7,1% lainnya mengatakan tidak tahu.


Keywords


Semiotika,makna diri,film,gambar

Full Text:

PDF

References


afar Lantowa, Nila Mega Marahayu, Muh. Khairussibya. (t.t.). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra (1, Agustus 2017 ed.). DEEPUBLISH.

Praptomo Baryadi, I. (t.t.). Teori Ikon Bahasa: Salah Satu Pintu Masuk ke Dunia Semiotika (E-book,1, 2007). Sanata Dharma University Press.

Seto Wahjuwibowo, I. (t.t.). SEMIOTIKA KOMUNIKASI EDISI III: aplikasi praktis untuk penelitian dan skripsi komunikasi edisi 3. Penerbit Mitra Wacana Media.

Romdhoni, A. (t.t.). SEMIOTIK METODOLOGI PENELITIAN (1, Januari 2016 ed.).

Wayan, Nuriarta and Ni Wayan, Masyuni Sujayanthi. (t.t.). BUKU: IDEOLOGI VISUAL KARTUN Kajian Semiotika Kartun Politik. PUSAT PENERBITAN LP2MPP INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR.

Abel, E. L., & Kruger, M. L. (2008). Age Heterogamy and Longevity: Evidence from Jewish and Christian Cemeteries. Biodemography and Social Biology , 1-7.

Achmad, Yusdi. (2006). Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial. Jurnal. Lokakarya Dosen ISBD, Dikti Depdiknas: Batam.

Alex, Sobur. (2003). Semiotika Komunikasi Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Amanda, N. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA FILM PIPER- ATIVIDADES (BAYI BURUNG KECIL PERAIH OSCAR). 1(3), 10.

Creswell, John W. 2009. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori, dan, Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Falahudin, A., Mujakirahmah, A. S., Yusuf, I. Y., Syari’ah, K. S. N., & Yurisa, I. (2021). PESAN PADA ANAK DALAM FILM NUSSA DAN RARRA “ANTTA HILANG.” 1(3), 7.

Fiske, John. (2010). Cultural and Communication studies: sebuah pengantar paling komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Kriyantono, Rachmat. (2009) . Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Toni, A., & Fachrizal, R. (2017). Studi Semitoka Pierce pada Film Dokumenter The Look of Silence: Senyap. Jurnal Komunikasi, 11(2), 137–154. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol11.iss2.art3




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v16i1.3175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizki Rahman Maulana, Ika Rifa Dilla, Meisya Ariandra Fasha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id