ANALISIS SEMIOTIK NASIONALISME PADA LOGO MASKAPAI BATIK AIR

Nanik Rianandita Sari

Abstract


Lambang-lambang yang menunjukkan Nasionalisme pada sebuah produk, sudah banyak dipakai, salah satunya adalah maskapai Batik Air. Lambang yang digunakan oleh maskapai Batik Air selain menunjukkan nasionalisme juga sebagai penunjuk identitas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna Nasionalisme dari lambang yang digunakan oleh maskapai Batik Air dengan menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian pustaka.  Teknis analisis data dengan menggunakan semiotika model Roland Barthes seperti makna denotasi, makna konotasi, dan mitos yang digunakan untuk memahami makna yang terkandung dalam Lambang Maskapai Batik Air. Hasil Penggunaan lambang-lambang yang tertera di badan pesawat, di fin tail, dan seragam pramugari menunjukkan bahwa: 1. Sistem tanda yang digunakan dalam Lambang maskapai Batik Air berupa canting disusun atas tanda-tanda nasionalis yang jelas terlihat dari penggunaan elemen visual, sedangkan elemen visual yang dapat dilihat di fin tail dan Seragam pramugari menguatkan serta memperjelas posisi rasa cinta terhadap tanah air sebagi salah satu bentuk representasi nasionalisme dari perusahaan penerbangan tersebut. 2. Representasi makna Nasionalisme pada lambang yang dipakai oleh maskapai Batik Air ini memperlihatkan pergeseran dari pengertian mengenai megenalkan lambang nasionalisme berkembang menjadi menumbuhkan rasa.


Keywords


semiotika; nasionalisme; lambang; maskapai; Roland Barthes

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. (2013). Sejarah Pemikiran Barat: dari yang klasik sampai yang modern (xviii). Universitas Sanata Dharma.

Bungin, B. (2008). Analisis Data Penelitian Kualitatif. RajaGrafindo Persada.

Heath, K. M. (2016). Cognitive Technology Journal • January 2005. 9(January), 10–12.

Hoed, B. H. (2014). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya Ferdinand de Saussure, Roland Barthes, Julia Kristeva, Jacques Derrida, Charles Sanders Pierce, Marcel Danesi & Paul Perron, dll. Komunitas Bambu.

Kustiyah, E. dan I. (2017). Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi. Gema, 30(52), 2456–2472.

Liliweri, A. (2015). Pengantar Studi Kebudayaan (Cetakan I). Nusa Media.

Michael, A. (2002). Best Impressions in Hospitality: Your Professional Image for Excellence. Delmar Thomson Learning.

Musman, A. (2011). Batik: Warisan Adiluhung Nusantara (ii). Gramedia.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian (Edisi Kedu). Fajar Interpratama Mandiri.

Noth, W. (1995). Hand Book of Semiotics (first). The Association of American University Press.

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Romadiastri, Y. (2013). Batik Fraktal:Perkembangan Aplikasi Geometri Fraktal. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 1, No, 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31941/delta.v1i2.484

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo (Cetakan pe). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Smith, A. (2003). Nasionalisme : teori, ideologi, sejarah. Erlangga.

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Susanto, S. S. (1974). Seni Kerajinan Batik Indonesia. Balai Penelitian Batik dan Kerajinan.

Tinarbuko, S. (2008). Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis Tanda dan MAkna Pada Karya Desain Komunikasi Visual (Cet. 2). Jalasutra.

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity. John Wikey&Sons, Inc.

Wijiatmoko, G., & Kooshartoyo, M. (2018). Kajian Penentuan Incidence Angle Ekor Pesawat Pada Y-Shaped Tail Aircraft. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, 312–317.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v16i2.2968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nanik Rianandita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id