ANALISIS SEMIOTIKA FOTO “SEPAK BOLA MELAYANG” DALAM BUKU FOTOGRAFERNAS BASTA BILDER OCHHUR DEKOMTILL KARYA FORLAGS

Rizka Aulia Ramadhina

Abstract


Media komunikasi masa kini terus mengalami kemajuan yang sangat pesat. Media komunikasi yang mengalami perkembangan salah satunya yaitu di bidang fotografi. Fotografi adalah media komunikasi visual yang memberikan makna, baik secara langsung maupun tersirat. Seorang fotografer dapat menghasilkan karya yang memiliki cerita dibalik suatu karyanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna konotasi, denotasi, serta mitos yang ada dalam sebuah foto “Sepak Bola Melayang” karya Sebastian Kisworo dalam buku Fotografernas Basta Bilder Ochhur Dekomtill Karya Forlags yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh F. Sapida dan Grace Darmawan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika dengan menggunakan teori dari Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menganalisis foto berdasarkan teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Metode ini termasuk ke dalam metode deskriptif kualitatif. Data yang dihasilkan  berupa deskripsi kata-kata dari hasil temuan atau subjek penelitian untuk ditinjau kembali dan dianalisis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, terdapat 2 makna tersirat yang ingin disampaikan sang fotografer melalui karyanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan melalui analisis semiotika Barthes teridentifikasi beberapa makna atau pesan yang terdapat pada karya sang fotografer. Makna yang ingin disampaikan oleh sang fotografer yaitu suasana pertandingan sepak bola anak-anak di Indonesia dan rasa semangat yang ada dalam diri anak-anak pada saat akan memasukkan bola ke dalam gawang.


Keywords


Semiotika, denotasi, konotasi, sepakbola melayang

Full Text:

PDF

References


Andi, Wahana. (2013). Kupas Habis Teknik Pencahayaan dengan X-Ray dan Mental Ray. Semarang : Andi

Astuti, Shinta (2014) Analisis Struktural-Semiotik Kumpulan Karya Sastra Puisi Les Contemplations Karya Victor Hugo. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Berger, Arthur Asa. (2006). Semiotik dan Analisis Framing. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fauziah, Thia Rahma. (2016). Representasi Sensualitas Perempuan dalam Iklan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Forlags, Pagina. (2016). Foto Terbaik Dari Fotografer IX.com dan cara mendapatkannya. Jakarta : Gramedia

Huda, Muhamad Miftahul et al. Analisis Semiotika Fotografi “ALKISAH” Karya Rio Motret (Rio Wibowo). Surabaya : UNTAG Surabaya.

Harahap, Agus Salim Pribadi. (2016). Analisis Semiotika Dalam Buku Juvenile Evolvere Karya Safir Makki. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Lotan, Fahla Fadhillah. (2018). Analisis Semiotika Penggunaan Estetika Foto Potret Dalam Karya Seni Stensil Digie Sigit. Yogyakarta ISI Yogyakarta.

Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang : Intrans Publishing.

Ramdani, Alwan Husni. (2016). Analisis Semiotika Foto Bencana Kabut Asap. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari,dkk. (2020). Analisis Semiotika pada Billboard Campaign A Milid ‘Nanti Lo Juga Paham’. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, Maya Purnama dan Hidayatullah. (2020). Pengenalan kebuyaan Indonesia melalui Fotografi pada Akun Instagram “Kwodokijo”. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Susilana, Rudi. Penelitian Kualitatif. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sobur, Alex. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wijanarko, Pandu Pratama. (2018). Analisis Semiotika Pada Foto “Tinjau Titik Api” Karya Abriansyah Liberto. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Prapanca.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v16i2.2814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizka Aulia Ramadhina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id