ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE PADA IKLAN KAMPANYE PEMILU PRESIDEN 2019 JOKOWI – MA’RUF AMIN DI TELEVISI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen komunikasi : filosofi, konsep, dan aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Adsensity.com. (2019) Jokowi-Ma'ruf Lebih Gencar Iklan di TV daripada Prabowo-Sandi. Katadata.co.id. Diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/22/jokowi-maruf-lebih-gencar-iklan-di-tv-daripada-prabowo-sandi
Andayani, Dwi. (2018. Oktober 9). Ini Aturan Iklan Kampanye Pemilu di Medsos hingga Stasiun TV. detikNews. Diakses dari: https://news.detik.com/berita/d-4248755/ini-aturan-iklan-kampanye-pemilu-di-medsos-hingga-stasiun-tv
Cyberclick. (2019). Advertising Campaign. Diakses pada 14 Desember 2020, dari: https://www.cyberclick.es/en/advertising/advertising-campaign
Farisa, Fitria Chusna. (2019, Februari 28). Ini Aturan Iklan Kampanye Pemilu di Medsos hingga Stasiun TV. Kompas.com. Diakses dari: https://nasional.kompas.com/read/2019/02/28/09580371/ini-aturan-iklan-kampanye-peserta-pemilu-di-media
Fiske, John. (2011). Television culture (2nd ed.) . London: Routledge.
Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. (2018). Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2018. Jakarta: KPU RI Diakses dari: https://jdih.kpu.go.id/data/data_pkpu/PKPU%2023%20THN%202018.pdf
Kotler, Philip. & Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1. Jakarta: Erlangga.
KPU RI. (2019, Maret 25). Iklan Kampanye Paslon Nomor Urut 01 Pemilu 2019. YouTube. Diakses dari: https://www.youtube.com/watch?v=tB6FWoGKOSs
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi: serba ada serba makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2016). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Puspita, D. F. R., & Nurhayati, I. K. (2019). Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Realitas Bias Gender Pada Iklan Kisah Ramadhan Line Versi Adzan Ayah. ProTVF, 2(2), 157. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20820
Rakhmat, Jalaludin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja.
Rini, Kartika P., & Nurul F. (2019). Feminisme Dalam Video Klip Blackpink: Analisis Semiotika John Fiske Dalam Video Klip Blackpink DDU-DU DDU-DU. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol. 5, No. 2, Oktober 2019 Halaman 317-328
Ruslan. (2008). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suhandang. (2005). Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa.
The Nielsen Company. (2017). Penetrasi Media Televisi Masih yang Tertinggi. Katadata.co.id. Diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/07/27/penetrasi-televisi-masih-yang-tertinggi
Venus, Antar. (2018). Manajemen Kampanye: Panduan Teoretis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zain, Muhammad D., & Poppy F. (2018). Analisis Semiotik Iklan Mars Perindo. KANAL (Jurnal Ilmu Komunikasi) 6 (2), Maret 2018, 127-136
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v15i1.2490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ayustia Puspita Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher
Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2, North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id