ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE PADA IKLAN KAMPANYE PEMILU PRESIDEN 2019 JOKOWI – MA’RUF AMIN DI TELEVISI

Ayustia Puspita Handayani

Abstract


Menjelang pemilihan umum presiden Indonesia 2019, pasangan calon presiden gencar menampilkan iklan kampanye mereka melalui berbagai media. Menurut survei Adstensity, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih gencar memasang iklan kampanye di stasiun televisi nasional. Iklan digunakan sebagai sarana partai politik dalam menampilkan tokoh politiknya yang diharapkan mampu meningkatkan elektabilitas melalui berbagai tema iklan kampanye. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Codes of Television John Fiske yang terbagi dalam tiga level, yaitu representasi, realitas dan ideologi. Serta model kampanye Nowak & Warneryd untuk menganalisis makna dan isi pesan dari iklan kampanye Pemilihan Umum Presiden 2019 pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan ini menggambarkan Jokowi sebagai calon pemimpin yang rendah hati, peduli dengan sesama yang terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat yang digambarkan melalui scene beliau menyuapi seorang anak di daerah pelosok, memeluk seorang nenek, menjadi sosok yang dicintai oleh berbagai usia dan juga digambarkan sebagai sosok pemimpin yang tegas melalui scene Jokowi menyampaikan pidato dengan semangat yang membara. Didalam iklan ini Jokowi – Ma’ruf Amin terlihat menunjukkan kesiapannya untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden dalam menyejahterakan masyarakat melalui beberapa program kerja yang dibuat untuk 5 tahun mendatang. Iklan ini merupakan bentuk kampanye yang dilakukan dalam memperkenalkan sosok Presiden Jokowi di masyarakat, serta upaya membentuk persepsi positif kepada khalayak luas dengan tujuan mendulang suara masyarakat Indonesia untuk memilih Jokowi – Ma’ruf Amin dalam kontestasi pemilihan umum presiden 2019.

Keywords


Semiotika; Codes of Television; Iklan Kampanye

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen komunikasi : filosofi, konsep, dan aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Adsensity.com. (2019) Jokowi-Ma'ruf Lebih Gencar Iklan di TV daripada Prabowo-Sandi. Katadata.co.id. Diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/22/jokowi-maruf-lebih-gencar-iklan-di-tv-daripada-prabowo-sandi

Andayani, Dwi. (2018. Oktober 9). Ini Aturan Iklan Kampanye Pemilu di Medsos hingga Stasiun TV. detikNews. Diakses dari: https://news.detik.com/berita/d-4248755/ini-aturan-iklan-kampanye-pemilu-di-medsos-hingga-stasiun-tv

Cyberclick. (2019). Advertising Campaign. Diakses pada 14 Desember 2020, dari: https://www.cyberclick.es/en/advertising/advertising-campaign

Farisa, Fitria Chusna. (2019, Februari 28). Ini Aturan Iklan Kampanye Pemilu di Medsos hingga Stasiun TV. Kompas.com. Diakses dari: https://nasional.kompas.com/read/2019/02/28/09580371/ini-aturan-iklan-kampanye-peserta-pemilu-di-media

Fiske, John. (2011). Television culture (2nd ed.) . London: Routledge.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. (2018). Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2018. Jakarta: KPU RI Diakses dari: https://jdih.kpu.go.id/data/data_pkpu/PKPU%2023%20THN%202018.pdf

Kotler, Philip. & Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1. Jakarta: Erlangga.

KPU RI. (2019, Maret 25). Iklan Kampanye Paslon Nomor Urut 01 Pemilu 2019. YouTube. Diakses dari: https://www.youtube.com/watch?v=tB6FWoGKOSs

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi: serba ada serba makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2016). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Puspita, D. F. R., & Nurhayati, I. K. (2019). Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Realitas Bias Gender Pada Iklan Kisah Ramadhan Line Versi Adzan Ayah. ProTVF, 2(2), 157. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20820

Rakhmat, Jalaludin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja.

Rini, Kartika P., & Nurul F. (2019). Feminisme Dalam Video Klip Blackpink: Analisis Semiotika John Fiske Dalam Video Klip Blackpink DDU-DU DDU-DU. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol. 5, No. 2, Oktober 2019 Halaman 317-328

Ruslan. (2008). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suhandang. (2005). Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa.

The Nielsen Company. (2017). Penetrasi Media Televisi Masih yang Tertinggi. Katadata.co.id. Diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/07/27/penetrasi-televisi-masih-yang-tertinggi

Venus, Antar. (2018). Manajemen Kampanye: Panduan Teoretis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zain, Muhammad D., & Poppy F. (2018). Analisis Semiotik Iklan Mars Perindo. KANAL (Jurnal Ilmu Komunikasi) 6 (2), Maret 2018, 127-136




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v15i1.2490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ayustia Puspita Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id