PEMAKNAAN PERANG TANDA PAGAR ‘#’ ANTAR DUA KUBU CALON PRESIDEN INDONESIA 2019 DI MEDIA SOSIAL (Analisis Semiotika Peirce Pada Sampul Majalah Tempo Edisi 04 Juni 2018)

Linna Friska Marbun, Lasmery RM Girsang

Abstract


ABSTRAK
Menjelang kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) pada bulan April 2019, perseteruan tanda pagar (tagar)/#/hashtag #2019GantiPresiden dan #Jokowi2Periode semakin hari semakin marak di media sosial. Perang tagar tersebut merepresentasikan perbedaan dukungan antara kubu pro Pemerintah Joko Widodo dan kubu yang tidak ingin Joko Widodo terpilih kembali menjadi Presiden pada periode 2019-2024.
Majalah TEMPO sebagai majalah yang menyajikan berita mengenai Politik, menerbitkan perseteruan yang terjadi di media sosial tersebut pada edisi 04 Juni 2018 dengan tema “PERANG#ADU KUAT DI MEDIA SOSIAL MENJADI PEMANASAN MENJELANG PEMILU 2019. SIAPA BERADA DI BELAKANG DUA KELOMPOK BERSETERU?”.
Melalui hasil Analisis Semiotika Peirce yang mengemukakan teori segitiga makna, yaitu: sign, object, dan interpretant, peneliti berhasil memperoleh makna bahwa sampul majalah TEMPO edisi 04 Juni 2018 menggambarkan keadaan Pemerintah pada masa akhir jabatan Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia ke-7 yang tengah merasakan ketidaknyamanan dan kecemasan, akibat maraknya serangan tanda pagar atau hashtag dari kubu lawan di media sosial.
Tujuan dan manfaat dari penelitian ini selain untuk menguak makna grafis dan teks yang terdapat pada sampul Majalah TEMPO edisi 04 Juni 2018 dengan mengunakan model analisis Semiotika Peirce, juga untuk memberikan sumbangan pemikiran kepada khalayak luas, khususnya pembaca untuk menyikapi bahwa sebuah gambar ilustrasi pada sampul majalah tidak hanya sebagai cara untuk menarik minat khalayak dalam membeli majalah. Lebih dari itu, gambar ilustrasi sebenarnya memiliki makna mendalam berkaitan dengan isi berita yang dimuat suatu majalah.
Kata Kunci: Semiotika, Charles Sander Peirce, Majalah TEMPO, Tagar

 

ABSTRACT
Ahead of the General Election (Election) in April 2019, the hashtag / # / hashtag # 2019GantiPresiden and # Jokowi2Periode period are increasingly rife on social media. The hashtag war represented a difference in support between the pro-Joko Widodo government and those who did not want Joko Widodo to be re-elected as President in the 2019-2024 period.
TEMPO magazine, as a magazine that presents news about politics, published a dispute that occurred on social media in the June 4, 2018 edition with the theme "WAR # STRONG ADUES IN SOCIAL MEDIA BECOME WARMING AGAINST ELECTION 2019. WHO WAS BEING BEHIND THE TWO GROUPS UNDERSTANDING?".
Through the results of Peirce's Semiotic Analysis which proposes the theory of triangles of meaning, namely: sign, object, and interpretant, the researcher succeeded in obtaining the meaning that the cover of the June 4th edition of TEMPO magazine illustrates the state of the Government at the end of Joko Widodo's term as the 7th President of Indonesia who was feeling discomfort and anxiety, due to the rise of fence attacks or hashtags from the opposing camp on social media. The purpose and benefits of this research are not only to uncover the graphic and text meanings contained on the cover of the June 04 2018 edition of TEMPO Magazine by using the Peirce Semiotic analysis model, also to contribute ideas to a wide audience, especially readers to respond to an illustrated picture on the cover of the magazine not only as a way to attract public interest in buying magazines. More than that, the illustrated image actually has a deep meaning related to the news content published in a magazine.                                                                                          Keywords: Semiotics, Charles Sander Peirce, TEMPO Magazine, Tagar




Full Text:

PDF

References


Althoff, Phillip & Rush, Michael. 2008. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Alan & Pease, Barbara. 2018. Kitab Bahasa Tubuh: Memahami Orang Lain Melalui Bahasa Tubuhnya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact: Pengantar Media Massa, Edisi 9. Penerjemah Mochammad Irfan dan Wulung Wira M. Jakarta: Salemba Humanika.

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Danton, Sihombing. 2015. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta; Balai Pustaka.

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Junaedhie Kurniawan. 2010. Ensiklopedi Pers Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kusrianto, Adi. 2010. Pengantar Tipografi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

L, Dian. 2016. I Know Your Gesture. Trik Jitu Memahami Manusia Lewat Gerak Gerik Tubuh. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2014. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Manzilati, Asfi. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Navarro Joe dan Marvin Karlins. 2014. Cara Cepat Membaca Bahasa Tubuh. Jakarta: Change Creative.

Nurudin. 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Putra, Dedi Kurnia Syah. 2012. Media dan Politik: Menemukan Relasi Antara Dimensi Simbiosis-Mutualisme Media dan Politik. Tangerang: Graha Ilmu.

Putra, Dinata Eka. 2008. Membaca Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh. Bandung: Kaifa.

Rolnicki, E, Tom , Tate, C. Dow, Taylor, A. Sherri. 2008. Pengantar Dasar Jurnalisme. Jakarta: Kencana.

Rustan, Surianto. 2008. Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia.

Rustan, Surianto. 2011. Huruf Font Tipografi. Jakarta: PT Gramedia.

Santoso, Edi dan Mite Setianasah. 2010. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suhandang, Kustadi. 2016. Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk, & Kode Etik. Bandung: Nuansa

Supriyatno, Makmur. 2016. Tentang Perang Bagian 1: Terjemahan Buku 1,2, & 3 On War Carl Von Clausewitz. Jakarta: Makmur Cahaya Ilmu.

Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana. Bandung: CV Yrama Widya.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Waluyanto, Heri, Dwi. 2000. Karikatur Sebagai Karya Komunikasi Visual dalam Penyampaian Kritik Sosial. Surabaya: Nirm Journal Vol. 2 UKP.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. 2011. Semiotika Komunikasi-Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

https://www.researchgate.net/publication/318790547_ANALISIS_SEMIOTIK_ATAS_SAMPUL_MAJALAH_TEMPO_JAKARTA_RIZAL_RAMLI_PETARUNG_ATAU_PERAUNG diakses pada 20 Oktober 2018

Rusmulyadi & Hafiar, Hanny. 2018 Dekonstruksi Citra Politik Jokowi dalam Media Sosial. https://www.researchgate.net/publication/326992724_Dekonstruksi_Citra_Politik_Jokowi_Dalam_Media_Sosial diakses pada 20 Oktober 2018

Hutagalung, May Smirnof. 2016. Analisis Semiotika Foto Jurnalistik Kampanye Pilpres 2014 Dalam Kompas Cyber Media. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta Https://eprints.upnyk.ac.id/553/ diakses pada 20 Oktober 2018

https://majalah.tempo.co/edisi/2382/2018-06-03 diakses pada 24 Agustus 2018

https://infopemilu.kpu.go.id/pilpres2019 diakses pada 30 Agustus 2018

https://tirto.id/evolusi-tagar-dari-simbol-digital-jadi-perang-slogan-dunia-nyata-cJFy diakses pada 31 Agustus 2018

https://www.researchgate.net/publication/326992724_Dekonstruksi_Citra_Politik_Jokowi_Dalam_Media_Sosial diakses pada 20 Oktober 2018

http://eprints.upnyk.ac.id/553/ diakses pada 20 Oktober 2018

https://korporat.tempo.co/tentang/sejarah diakses pada 19 November 2018

Majalah TEMPO edisi 04 Juni 2018 “PERANG # ADU KUAT DI MEDIA SOSIAL MENJADI PEMANASAN MENJELANG PEMILU 2019. SIAPA BERADA DI BELAKANG DUA KELOMPOK YANG BERSETERU?”




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id