REPRESENTASI FOTO KAMPANYE CALON PRESIDEN PADA MAJALAH TEMPO EDISI 19 – 25 NOVEMBER 2018 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Arvy Verian, Ilona V. Oisina Situmeang

Abstract


ABSTRACT
A Head of the election is used as a political campaign to introduce the candidat pairs, vision and mission, ideas that are held by all election candidat. The campaign photos of eah candidate pair were seen in various electronic media: radio and televison and print media one of which was ini a magazine. This study aims to examine the presentation of the campaign phoyos of president candidate in the Tempo Magazine on November 19-25 November 2018 editions by Charles Sanders Pierce Semiotic analysis. The researcher analyzes each journalistic photo by three trichotomies from Charles Sanders Pierce semiotics that is sign (qualisign, sinsign and legisign), object (icon, decisign and argument). In presenting Joko Widodo who was close to people without distance that depicted from the campaign photo. Prabowo campaign photo is representing who has emotional closeness with Susilo Bambsng Yudhoyono. These campaign photo is one of the way for candidates pair to attract the attention of the publics so the candidates pair can be chosen.
Key word: Representation, Campaign Photo, Semiotic Analysis, Charles Sanders Pierce Semiotic Analysis, Tempo Magazine.

 

ABSTRAK
Menjelang Pemilu digunakan sebagai kampanye politik untuk memperkenalkan calon, visi-misi dan gagasan-gagasan yang dimiliki untuk peserta calon Pemilu. Foto Kampanye dari masing-masing calon terlihat diberbagai media elektronik seperti televisi, radio dan media cetak seperti salah satunya di majalah.Dalam penelitian ini meneliti tentang representasi foto kampanye calon presiden pada majalah Tempo edisi 19-25 November 2018dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Peneliti menganalisis masing–masing foto jurnalistik dengan tiga trikotomi yang dikemukakan oleh Semiotika Charles Sanders Peirce yaitu Sign (Qualisign, Sinsign dan Legisign), Object (Ikon, indeks, dan simbol) dan Representament (rhema, decisign dan argument).Dalam merepresentasikan foto jurnalistik Joko Widodo, majalah Tempo tampak ingin merepresentasikan seorang Joko Widodo yang dekat tanpa jarak dengan tim kampanye yang tergambar dalam foto kampanye tersebut. Foto kampanye Prabowo Subianto, merepresentasikan Prabowo Subianto sebagai seorang yang mempunyai kedekataan emosional dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Foto kampanye ini merupakan salah satu cara pasangan calon untuk menarik perhatian masyarakat agar pasangan calon dapat terpilih.
Key Word: Representasi, Poto Kampanye, Analisis Semiotika, Semiotika Charles Sanders Peirce, Majalah Tempo.


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan.2008. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya .Kencana Prenada Media Group : Jakarta.

Creswell, John W.2010.Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Edisi Ketiga. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Danesi. Marcel. 2010. Pesan Dan Tanda Makna. Jalasutra: Yogyakarta.

Fiske, John.2007.Cultural and CommunicationStudies.Jalasutra:Yogyakarta.

Moleong. L J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.

Sobur, Alex.2009. Semiotika Komunikasi.Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sobur, Alex.2009. Analisis Teks Media. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media: Bandung.

Vera, Nawiroh.2015.Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia: Bogor.

Sejarah Perusahaan Tempo. Diakses Dari https://korporat.tempo.co/tentang/sejarah Tanggal 23 Desember 2018 Pukul 21:22)




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

Publisher

Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2,  North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id