KONSTRUKSIPERAN PEREMPUAN PADA IKLAN CETAK MANDIRI PRIORITAS DI MAJALAH TERAS (Studi Analisis Semiotika Charles S. Peirce)

Sigit Surahman, Indrianti Azhar Firdausi, Ignatius Liliek Senaharjanta

Abstract


ABSTRACT

This study illustrates the construction of the meaning of the message on priority independent advertising, as well as to describe the role of women in priority independent advertising. The study was conducted using the method of observation and documentation, with the form of report variables, notes, books, articles and so forth. By using semiotic analysis of the model of Charles Sanders Peirce, classifying the signs into three groups, namely, icons, indices, symbols. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that: 1) the concept of the role of women in priority independent advertising is predominantly illustrated through the existence of headlines that are signs in advertisements. 2) through two women the advertisement has a connection with headlines, because the regeneration that women have can create inspiration for each generation. 3) regeneration, and the inspiration of each generation is reflected in the construction of reality about RA National heroes. Kartini as a feminist and educational pioneer, a symbol of women's emancipation.

Keywords: Construction, Representation, Role of Women, Semiotics

ABSTRAK

Penelitian ini menggambarkan konstruksi makna pesan pada iklan mandiri prioritas, serta untuk menggambarkan peran perempuan pada iklan mandiri prioritas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi, dengan berupa variabel-variabel laporan, catatan, buku, artikel dan lain sebagainya. Dengan menggunakan analisis semiotika model Charles Sanders Peirce, mengklasifikasikan tanda ke dalam tiga golongan yaitu, ikon, indeks, simbol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : 1) konsep mengenai peran perempuan pada iklan mandiri prioritas secara dominan digambarkan melalui keberadaan headline yang menjadi tanda dalam iklan. 2) melalui dua perempuan pada iklan mempunyai keterkaitan dengan headline, karena regenerasi yang dimiliki perempuan dapat menciptakan inspirasi bagi setiap generasi. 3) regenerasi, dan inspirasi setiap generasi tercermin dari konstruksi realitas mengenai tokoh pahlawan Nasional RA. Kartini sebagai pelopor feminis dan pendidikan, simbol emansipasi perempuan.

Kata kunci : Konstruksi, Representasi, Peran Perempuan, Semiotika


Full Text:

PDF

References


Giles, Judy dan Tim Middleton. 1999.Studying Culture: A Practical Introduction. Blackwell Publisher: Oxford.

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vihma Susann dan Seppo Vakeka, 2009. Semotika Visual dan Semantika Produk, Yogyakarta: Jalasutra.

Girsang, Lasmery RM dan Indah, Hapsari. 2015 Makna Optimisme Dalam Iklan Politik “Wujudkan Mimpi Bersama Jokowi-Jk” (Analisis Semiotika Saussure Pada Scene yang Menunjukkan Tagline Jokowi-Jk Adalah Kita), Jurnal Seniotika Volume 9. No. 1, 145-146. Surahman, Sigit. 2014. Konstruksi Identitas Postmodern dalam Iklan La Light Versi Don’t Quit”, Jurnal Lontar Volume 2. No.3, 25. Surahman, Sigit. 2014. Representasi Perempuan Metropolitan dalam Film 7 Hati 7Cinta 7 Wanita, Jurnal Lontar Volume 3. No.2, 44.

Surahman, Sigit. 2018.Objektivikasi Perempuan Tua Dalam Fotografi Jurnalistik(Analisis Semiotika Pada Foto-Foto Pameran Jalan Menuju Media Kreatif#8), Jurnal Rekam Volume 14 Nomor 1, April 2018, 43.

Ulfa, Ruzqiyah. 2016. Analisis Semiotika Peirce Pakaian Jenis Gamis Sebagai Representasi Budaya Arab, Jurnal Semiotika Volume 10. No. 2, 404.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i2.1719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.